SOLOPOS.COM - Ilustrasi rambut beruban. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Uban atau rambut putih menurut Islam ternyata dilarang dicabut karena bisa menjadi cahaya di hari kiamat dan juga pengingat kematian.

Seiring bertambahnya usia, uban akan tumbuh di kepala. Namun, terkadang di usia muda juga muncul uban. Penyebabnya pun beragam, tapi paling sering dan utama adalah genetik atau keturunan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Munculnya uban di usia muda maupun tua kerap mengganggu kepercayaan diri seseorang. Untuk mengatasi hal tersebut, mereka menyemirnya hingga ada yang mencabut uban yang tumbuh di kepala.

Padahal menurut Islam, uban atau rambut putih di kepala ini dilarang dicabut. Hal ini dijelaskan hadis berikut ini, yang Solopos.com kutip dari laman Rumaysho.com.

“Janganlah mencabut uban. Tidaklah seorang muslim yang beruban dalam Islam walaupun sehelai, melainkan uban tersebut akan menjadi cahaya baginya pada hari kiamat nanti.” (HR. Abu Daud dan An Nasa’i. Syaikh Al Albani).

Hukuman bagi orang yang mencabut ubannya adalah kehilangan cahaya pada hari kiamat nanti. Dari Fudholah bin ‘Ubaid, Nabi Muhammad SAW bersabda yang bunyinya sebagai berikut.

“Barangsiapa memiliki uban di jalan Allah walaupun hanya sehelai, maka uban tersebut akan menjadi cahaya baginya pada hari kiamat.” Kemudian ada seseorang yang berkata ketika disebutkan hal ini: “Orang-orang pada mencabut ubannya.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas bersabda, “Siapa saja yang ingin, silakan dia memotong cahaya (baginya di hari kiamat).” (HR. Al Bazzar, At Thabrani).

Selain sebagai cahaya di hari kiamat, uban menurut Islam juga bisa menjadi pengingat ajal. Menurut Nahdlatul Ulama dalam laman resminya, NU online, manusia sering lupa hidup di dunia hanya untuk sementara. Maka dari itu, Allah SWT dalam Surat Fatir ayat 37 berfirman mengenai perintah berpikir saat melihat tanda-tanda dari Allah, termasuk uban.

“Dan bukankah Kami telah memanjangkan umurmu untuk dapat berpikir bagi orang yang mau berpikir, padahal telah datang kepadamu seorang pemberi peringatan? Maka rasakan lah (azab Kami), dan bagi orang-orang zalim tidak ada seorang penolong pun.”

Kemudian, uban juga bisa memancarkan sikap wibawa dari dalam diri. Hal itu diriwayatkan Abu Dawud dari hadist Abu Musa, Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda sebagai berikut.

“Sesunguhnya termasuk dari pengagungan kepada Allah ialah menghormati orang muslim yang sudah beruban (orang tua). Semoga uban yang tumbuh di rambut kita bisa menambah keimanan.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya