SOLOPOS.COM - Ada metode khusus untuk menidurkan anak. (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO — Agar anak bisa tidur dengan nyenyak dan tidak rewel terutama di malam hari, orang tua bisa membacakan doa dalam Islam untuk si kecil.

Susah untuk terlelap tidur dan terbangun di tengah-tengah tidur bisa dialami oleh siapa saja, terutama anak-anak. Biasanya, mereka asyik bermain sehingga lupa dengan waktu tidurnya.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Hal ini tentunya bisa membuat kualitas tidur si kecil terganggu. Jika hal tersebut berlanjut, kondisi kurang tidur ini bisa berefek pada kondisi kesehatan anak.

Nah, sebagai orang tua bisa mendoakan anak agar si kecil bisa tidur dengan nyenyak dan tidak rewel terutama di malam hari.

Doa tersebut diajarkan oleh Rasulullah SAW yang Solopos.com kutip dari situs resmi Nahdlatul Ulama, NU online. Berikut ini bunyi doanya.

Allaahumma ghaaratin nujuum wa hada’atil ‘uyuun, wa anta hayyun qayyuumun, laa ta’khudzuhuu sinatun wa laa naum. Yaa hayyu, ya qayyuum, ahdi’ laylii wa anim ‘aynii.

Artinya: Tuhanku, bintang-bintang telah “tenggelam”, dan banyak bola mata menjadi tenang sementara Kau adalah zat maha hidup dan zat maha tegak. Kantuk dan tidur tidak mempengaruhi-Mu. Wahai Zat Maha Hidup dan Zat Maha Tegak, tenangkan malam hamba dan istirahatkan sepasang bola mata hamba.

Selain agar bisa tidur dengan nyenyak, untuk jaga-jaga, orang tua juga bisa menghafalkan doa ketika anak rewel atau menangis di malam hari, yang bunyinya sebagai berikut

Bismillahirrahmanirrahim. Bismillahilladzi la yadlurru ma’a ismihi syaiun fil ardli wa la fis sama`i wa huwas sami’ul ‘alim.

Artinya: Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dengan menyebut asma Allah, Dzat yang dengan asma-Nya, tidak akan bisa membahayakan apapun yang ada di bumi dan langit. Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Doa agar anak tidak rewel di atas, dibaca orang tua sebanyak tiga kali dan saat selesai membacanya, tiupkanlah pada ubun-ubun si kecil.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya