SOLOPOS.COM - Ilustrasi doa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Dalam Islam terdapat doa yang dibaca agar ikhlas ketika umat muslim menerima cobaan atau masalah dari Allah SWT.

Sebagai manusia normal, terkadang tidak mudah menerima kenyataan yang telah digariskan Allah SWT, seperti soal keuangan, politik, hukum, sosial, hingga kesehatan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Mereka yang sedang menghadapi segala kenyataan yang tak sesuai harapan tersebut biasanya dilanda perasaan gundah gulana dan bisa mempengaruhi kesehatan mentalnya.

Maka dari itu, dalam Islam terdapat doa agar ikhlas menerima cobaan yang ada yang diperkenalkan oleh Nahdlatul Ulama dalam laman resminya, NU online. Berikut ini bunyi bacaannya.

Hasbiyallaahu wa ni‘mal wakiil.

Artinya: Cukuplah Allah bagiku dan ia sebaik-baik wakil.

Selain itu, agar ikhlas menerima cobaan, umat muslim juga bisa membaca doa berikut ini.

Allaahumma innii ‘abduka, wabnu ‘abdika, wabnu amatika. Naashiyat? bi yadika maadhin fiyya hukmuka, ‘adlun fiyya qadhaa’uka. As’aluka bi kulli ismin huwa laka sammayta bihii nafsaka, wa anzaltahuu fii kitaabika, aw ‘allamtahuu ahadan min khalqika, awista’tsarta bihii fii ilmil ghaybi ‘indaka, an taj’alal qur’aana rabii‘a qalbii, wa nuura shadrii, wa jilaa’a ghammii, wa dzahaaba huznii wa hammii.

Artinya: Ya Allah, sungguh aku hamba-Mu, putra hamba-Mu (laki-laki), putra hamba-Mu (perempuan). Nasibku di tangan-Mu, berlaku padaku ketentuan-Mu, adil padaku putusan-Mu. Aku memohon kepada-Mu dengan segala nama-Mu yang Kau sebut untuk diri-Mu, (nama) yang Kau turunkan dalam kitab-Mu, (nama) yang Kau ajarkan pada segelintir hamba-Mu, atau (nama) yang hanya Kau sendiri yang mengetahuinya dalam pengetahuan ghaib agar Kau menjadikan Al-Qur’an sebagai musim semi (di) hatiku, cahaya batinku, pelenyap kebingunganku, dan penghilang kesedihan serta kebimbanganku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya