SOLOPOS.COM - Ilustrasi berdoa setelah salat. (Freepik).

Solopos.com, SOLO — Ketika mendapatkan pujian dari orang lain, umat Islam disarankan untuk berdoa kepada Allah SWT agar terhindar dari sifat sombong atau besar kepala.

Pujian tidak selalu bersifat positif karena dapat membuat seseorang yang dipuji menjadi besar kepala alias sombong, meskipun pujian tersebut bisa membuat orang bahagia. Dalam Islam, umat muslim harus mawas diri ketika pujian hadir di depan mata. Sebaiknya tidak merasa gembira terlebih dahulu atas pujian tersebut.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Mengutip penjelasan Nahdlatul Ulama dalam laman resminya (NU online), Syekh Muhammad bin Muhammad bin Musthafa bin Utsman Abu Sa’id al-Khadami mengatakan, tidak seharusnya suatu pujian menjadi penyebab sombong dan menganggap diri lebih baik daripada orang lain. Hal ini dikarenakan orang lain hanya memuji karena tanda-tanda bahwa orang yang dipuji merupakan orang baik, padahal kenyataan sebenarnya tidak ada yang tahu selain dirinya. Selain itu, jika ternyata pujian itu tidak sesuai kondisi nyata yang ada dalam dirinya, seharusnya orang malu kepada Allah.

Maka dari itu, ketika mendapatkan pujian dari orang lain, umat Islam disarankan untuk berdoa agar terhindar dari kesombongan. Mengutip keterangan di laman Laduni.id, jika pujian tersebut benar adanya, maka sebaiknya membaca doa sebagai berikut.

Alhamdulillah alladzi azhara al-jamila wa satara al-qabiha

Artinya: Segala puji bagi Allah, Zat yang menampakkan kebagusan dan menutup kejelekan.

Terdapat doa lainnya ketika mendapatkan pujian dari orang lain agar terhindar dari keseombongan seperti pernah diucapkan Abu Bakar Ash-Shiddiq atau Abdullah bin Abu Quhafah ra berikut ini.

Allahumma anta a’lamu minni bi nafsiy, wa anaa a’lamu bi nafsii minhum. Allahummaj ‘alniy khoirom mimmaa yazhunnuun, wagh-firliy maa laa ya’lamuun, wa laa tu-akhidzniy bimaa yaquuluun.

Artinya: Ya Allah, Engkau lebih mengetahui keadaan diriku daripada diriku sendiri dan aku lebih mengetahui keadaan diriku daripada mereka yang memujiku. Ya Allah, jadikanlah diriku lebih baik dari yang mereka sangkakan, ampunilah aku terhadap apa yang mereka tidak ketahui dariku, dan janganlah menyiksaku dengan perkataan mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya