SOLOPOS.COM - Ilustrasi berniat puasa. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Ketika menerima zakat fitrah, umat Islam disarankan membaca doa sebagai ucapan syukur kepada Allah SWT.

Zakat fitrah merupakan kewajiban yang harus ditunaikan umat muslim pada akhir Ramadan menjelang Hari Raya Idulfitri. Sebagaimana pernah dijelaskan Rasullulah SAW yang diriwayatkan dalam hadis Ibnu Umar ra, yang artinya.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

“Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum atas umat muslim; baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau saw memerintahkannya dilaksanakan sebelum orang-orang keluar untuk salat.” (HR Bukhari Muslim).

Bagi yang tidak mampu, dia justru berhak menerima zakat fitrah dengan membaca doa yang diatur dalam Islam. Hal ini dikarenakan berdasarkan adabnya, orang yang menerima kebaikan harus membalas kebaikan orang tersebut, minimal dengan doa.

Mengutip laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online), berikut ini bacaan doa bagi penerima zakat fitrah.

Thahharallaahu qalbaka fi quluubil abraar, wa zakkaa ‘amalaka fii ‘amalil aakhyaar, wa shallaa ‘alaa ruuhika fii arwaahis syuhadaa’.

Artinya: Semoga Allah menyucikan hatimu pada hati para hamba-Nya yang abrar. Semoga Allah bersihkan amalmu pada amal para hamba-Nya yang akhyar. Semoga Allah bershalawat untuk rohmu pada roh para hamba-Nya yang syahid.

Sebagai informasi, orang yang berhak menerima zakat lalu berdoa seperti yang disebutkan di atas harus masuk dalam delapan golongan mustahiq, yakni fakir, miskin, amil (petugas zakat), mualaf (orang baru masuk Islam), budak, orang yang terlilit utang, orang yang sedang dalam jalan Allah, dan orang yang sedang dalam perjalanan jauh yang bukan maksiat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya