SOLOPOS.COM - Ilustrasi berdoa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Dalam memperingati malam Lailatul Qadar, menurut sunah Islam disarankan untuk memperbanyak doa kepada Allah SWT.

Malam Lailatul Qadar adalah malam istimewa sekaligus banyak ditunggu oleh umat Islam di Ramadan yang diyakini jatuh pada 10 hari terakhir Ramadan.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Hal ini berdasarkan hadis yang meriwayatkan Rasulullah SAW meningkatkan ibadahnya di 10 malam tersebut. “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya [Al-Qur’an] pada Lailatul Qadar [malam kemuliaan]. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (bunyi Surat Al-Qadar ayat 1-3).

Nah, pada malam Lailatul Qadar, umat muslim disunahkan membaca doa kepada Allah SWT, yang menurut Nahdlatul Ulama dalam laman resminya (NU online), bunyi doanya sebagai berikut.

Allaahumma innaka afuwwun kariimun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii (‘annaa jika dibaca berjamaah)

Artinya: Ya Allah, sungguh Engkau maha pemaaf yang pemurah. Engkau juga menyukai maaf. Oleh karena itu, maafkanlah aku (maafkanlah kami).

Selain itu, umat muslim juga bisa membaca doa malam Lailatul Qadar berikut ini berdasarkan riwayat lima Imam Hadis kecualia Imam Abu Dawud.

Allaaahumma innaka afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii (‘annaa jika dibaca berjamaah).

Artinya: Ya Allah, sungguh Engkau maha pemaaf. Engkau juga menyukai maaf. Oleh karena itu, maafkanlah aku (maafkanlah kami).

Tak hanya berdoa, umat muslim juga disunahkan menunaikan beberapa amalan di malam Lailatul Qadar, yakni memperbanyak zikir, membaca Al-Qur’an, salat malam, hingga iktikaf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya