SOLOPOS.COM - Ilustrasi doa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Dalam menyambut kedatangan jemaah haji dari Tanah Suci Makkah, umat Islam bisa membaca doa yang pernah diajarkan Rasullulah SAW.

Setelah menjalani puncak ibadah haji untuk wukuf di Padang Arafah, beberapa jemaah haji dijadwalkan akan pulang ke Tanah Air dalam waktu dekat.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Sudah menjadi tradisi di masyarakat Indonesia untuk menyambut kedatangan umat muslim sepulang dari melakukan ibadah haji. Biasanya, masyarakat akan beramai-ramai untuk mengunjungi mereka dengan berdoa.

Mengutip laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online), terdapat doa khusus untuk menyambut kepulangan jemaah haji ke Tanah Air. Doa tersebut diterangkan dalam Al-Idhah fi Manasikil Hajj yang diajarkan Rasulullah SAW.

“Orang yang menyalami jamaah haji sepulang manasik dianjurkan mendoakannya, ‘Qabballallaahu hajjaka, wa ghafara dzanbaka, wa akhlafa nafaqataka.”

Artinya: Semoga Allah menerima ibadah hajimu, mengampuni dosamu, dan mengganti pengeluaranmu.

Selain itu, juga terdapat doa lainnya untuk menyambut kepulangan jemaah haji yang bunyinya sebagai berikut.

Allaahummaghfir lil haajj, wa li man istaghfara lahul haajj.

Artinya: Ya Allah, ampunilah dosa jamaah haji ini dan dosa orang yang dimintakan ampun oleh jamaah haji ini.

Doa menyambut kepulangan jemaah haji ini dikutip dari hadts riwayat Abu Hurairah ra. Riwayat ini juga disebutkan oleh Imam An-Nawawi dalam Al-Adzkar yang dikutip dari Sunan Al-Baihaqi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya