SOLOPOS.COM - Ilustrasi salat (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Apa doa yang dibaca setelah melakukan salat istikharah?

Salat istikharah merupakan salat sunah yang dilaksanakan untuk mempermudah mencari penjelasan terkait persoalan jodoh, pendidikan, pekerjaan, dan lain-lain.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Ibadah satu ini dilakukan sebanyak dua rakaat. Pada rakaat pertama setelah surat Al-Fatihah, umat muslim membaca surat Al-Kafirun. Kemudian, di rakaat kedua setelah Al-Fatihah, membaca surat Al-Ikhlas.

Baca Juga:  Beda Angkringan Solo dan Jogja: dari Isi Nasi Kucing – Minuman Khas

Setelah melakukan salat istikharah, umat muslim juga disarankan untuk berdoa kepada Allah SWT.

Lalu, bagaimana bunyi doanya? Berikut ini lafal dan artinya, sebagaimana dikutip dari situs resmi Nahdlatul Ulama (NU Online).

Baca Juga: Sinopsis A Business Proposal, Drakor yang Tayang 21 Februari 2022

“Allahumma inni astakhiruka bi ‘ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as-aluka min fadhlika, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub.”

Allahumma fa-in kunta ta’lamu hadzal amro (menyebutkan persoalannya) khoiron lii fii ‘aajili amrii wa aajilih (aw fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii) faqdur lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiihi.”

“Allahumma in kunta ta’lamu annahu syarrun lii fii diini wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii (fii ‘aajili amri wa aajilih) fash-rifnii ‘anhu, waqdur liil khoiro haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bih.”

Baca Juga: Bukan Rp200 Juta, Kamu Bisa Dapat Daihatsu Rocky dengan Harga Rp90.000

Artinya: Ya Allah, sungguh aku meminta pilihan yang tepat kepada-Mu dengan ilmu pengetahuan-Mu dan aku mohon kuasa-Mu (atas masalahku) dengan kuasa-Mu. Aku mohon sebagian dari karunia-Mu yang agung karena sungguh Engkau Mahakuasa, sedang aku tidak kuasa, Engkau mengetahui, sedang aku tidak mengetahuinya. Engkau maha mengetahui hal yang gaib

Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (sebutkan masalah yang dihadapinya) lebih baik dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya terhadap diriku, takdirkan ia untukku, mudahkan jalannya, dan berilah berkah. Sebaliknya, jika Engkau mengetahui bahwa persoalan ini lebih berbahaya bagiku dalam agama, dunia, kehidupan, dan akibatnya terhadap diriku baik seketika maupun suatu ketika nanti, maka singkirkan persoalan itu, dan jauhkan aku darinya. Takdirkanlah bagiku kebaikan di mana saja berada, dan berilah ridha-Mu untukku.

Baca Juga:  Viral Bakul Gorengan Dandan Ala Nyi Blorong, Dibanjiri Pujian dan Doa

Doa setelah salat istikharah di atas diperoleh dari Nihayatul Zain karya dari Syekh Nawawi Banten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya