SOLOPOS.COM - Ilustrasi virus corona penyebab Covid-19. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Epidemiolog dr Dicky Budiman, M.Sc.PH. mengatakan anak-anak rentan terhadap infeksi Covid-19 varian baru XBB. 1.16 atau Arcturus. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

“Kasus yang terdapat di India dan negara berkembang lainnya kebanyakan anak-anak karena mereka rentan terhadap Covid-19 subvarian Arcturus,” kata dr. Dicky seperti dikutip dari Antara pada Sabtu (14/4/2023).

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Dicky mengatakan meskipun banyak kasus yang diakibatkan oleh Covid-19 subvarian Arcturus, bukan berarti virus tersebut hanya menyerang anak-anak. Siapapun bisa terpapar.

Selain anak, lansia dan ibu hamil juga rentan terinfeksi Covid-19 subvarian Arcturus terutama mereka yang belum divaksinasi sehingga kekebalan imunnya masih rendah.   “Kita harus komprehensif. Anak-anak di India banyak yang belum divaksin terutama usia di bawah enam tahun. Ini yang membuat kenapa kasus anak masuk rumah sakit akibat Arcturus ini tinggi karena memang imunitasnya belum memadai,” kata peneliti di Universitas Griffith, Australia tersebut.

Pada anak-anak umumnya terdapat gejala gangguan pada mata seperti kemerahan dan terdapat kotoran lebih banyak dari biasanya.  Namun belum ada penelitian lebih lanjut apakah hal tersebut diakibatkan oleh Covid-19 subvarian Arcturus atau hal lainnya. Sedangkan gejala lainnya masih sama seperti batuk, demam, dan flu, tambah dia.

Sebelumnya di India terdapat lonjakan kasus Covid-19 yang diakibatkan oleh infeksi subvarian Arcturus sebanyak 6.155 kasus baru dalam 24 jam dengan jumlah total kasus aktif sebanyak 31.194 kasus per Sabtu (8/4/2023).

Dicky mengatakan risiko penularan Covid-19 subvarian Arcturus dapat dicegah dengan melakukan vaksinasi kepada seluruh masyarakat sehingga akan timbul herd immunity (kekebalan kolektif) yang lebih baik.

“Modal imunitas masyarakat itu baik supaya virus harus menghadapi benteng beberapa lapis sebelum masuk sampai ke komunitas rentan seperti anak-anak, lansia, dan ibu hamil,” kata Dicky

Dia mengingatkan agar tetap menjaga protokol kesehatan meski Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) telah dicabut, namun protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker, serta tidak berkerumun juga harus menjadi perilaku baru bagi masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya