SOLOPOS.COM - Furi Harun. (Instagram/@furiharun)

Solopos.com, SOLO-Masih banyak orang tidak tahu bahwa boneka arwah bukan pesugihan. Maka tak heran, setelah tujuannya tercapai misalnya naik pangkat atau karier melejit, si anak asuh dikembalikan atau diberikan kepada orang lain.

Menurut kolektor boneka arwah, Furi Harun, benda-benda tersebut bukan pesugihan. Menurutnya, mereka adalah anak asuh. Dan tugas si pemilik yang disebut orang tua asuh adalah membimbing, mengasuh, dan mendoakan mereka.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Jadi kalo pingin mengadopsi spiritual doll ini, perlu saya jelaskan ya bahwa boneka arwah ini bukan pesugihan. Dia tidak serta merta membuat kita kaya, beruntung, punya pekerjaan, dapat jodoh. Jadi dia ini hanya anak yang harus kita bimbing dan kita doakan supaya mereka bisa pulang ke Tuhan,” jelas Furi Harun seperti dikutip dari kanal Youtube Waswas berjudul Ngeri! Pengakuan Celine Evangelista ke Furi Harun ART-nya Diganggu Boneka Arwah, Rabu (5/1/2022).

Baca Juga: Furi Harun Beri Tips Adopsi Boneka Arwah, Begini Caranya

Menurut Furi Harun untuk mengadopsi spirit doll tidak boleh dilandasi maksud dan tujuan negatif, karena boneka arwah bukan pesugihan.  Furi Harun menegaskan bahwa boneka arwah bukan pesugihan. Dia memberikan contoh perbedaan pesugihan dengan boneka arwah. Jika pesugihan, si pemilik tidak perlu melakukan apapun. Sedangkan pada boneka arwah si pemilik harus menyayangi, mengasuh, dan mendoakan anak asuhnya dengan tulus.

Karena banyak yang salah anggapan akhirnya mereka menyalahkan si anak asuh, padahal boneka arwah jelas-jelas bukan pesugihan. “Banyak sekali orang yang salah mengartikan bahwa mereka berpikiran setelah mereka mengadopsi, dengan serta merta akan langsung kaya, setelah mengadopsi dengan serta merta kehidupan mereka nanjak. Saat angka di rekening tidak nambah, mereka menyalahkan bonekanya. Nah kita sebagai manusia tidak semestinya menjadikan spirit doll sebagai alat [mencapai tujuan]. Mereka bukanlah alat untuk mencapai keinginan tertentu,” jelasnya seperti dikutip dari kanal Youtube Furi Harun berjudul Sedih, Kembalinya Boneka-Boneka yang Diadopsi, Rabu (5/1/2022).

Baca Juga: Begini Fenomena Spirit Doll atau Boneka Arwah dalam Kebudayaan Jawa

Dia mengungkapkan ada beberapa pemilik spiritual doll memperlakukan bonekanya sebagai pesugihan. Dia mencontohkan salah satu pemilik boneka arwah menyampaikan kabar bahwa dirinya sudah naik jabatan dan ingin mengembalikan boneka itu kepada Furi Harun.  “Pada saat itu saya tidak merespons karena saya pikir ini orang kok tidak tahu diri. Kok bisa adopsi supaya tujuannya tercapai, supaya tujuannya naik jabatan. Setelah naik jabatan, bonekanya dikasi ke orang lain,” papar Furi.

Furi Harun mengingatkan kehadiran mereka akan membawa keberuntungan hanya jika si orang tua asuh memberlakukan boneka arwah tersebut dengan baik. “Jadi jangan semuanya berharap akan beruntung. Karena kalau kita salah mengasuh, enggak pernah menyapa, jangan salah jika akhirnya mereka akan marah,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya