SOLOPOS.COM - ILustrasi sakit perut. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Mantan Menko Maritim Rizal Ramli meninggal dunia karena kanker pankreas pada Selasa (2/1/2024). Penyebab meninggalnya ekonom handal Indonesia itu membuat publik penasaran tentang gejala dari kanker pankreas.

Rizal Ramli diketahui menghembuskan napas terakhir di RS Cipto Mangungkusumo pada Selasa malam pukul 19.30 WIB setelah beberapa bulan menjalani perawatan karena kanker pankreas yang diidapnya.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Kami segenap keluarga memohon maaf jika ada kesalahan beliau selama hidupnya,” tulis pesan singkat dari keluarga Rizal di akun media sosial X resmi milik Rizal Ramli.

Terkait penyebab meninggalnya Rizal Ramli, publik juga penasaran dengan apa sih itu kanker pankreas dan bagaimana gejalanya?

Kanker ini merupakan jenis kanker yang tumbuh di organ pankreas. Organ satu itu diketahui memiliki fungsi untuk memproduksi hormon insulin dan glukagon yang bertugas menjaga kestabilan gula darah dalam tubuh.

Mengutip laman Alodokter.com, kanker pankreas terjadi ketika sel-sel di pankreas tumbuh tidak normal dan tidak terkendali. Apabila sel kanker telah menyebar ke organ lain, kanker pankreas dapat menimbulkan beberapa gejala, seperti penyakit kuning dan sakit perut bagian atas yang menjalar ke punggung. Kanker menjadi salah satu jenis kanker yang paling mematikan.

Hingga sekarang belum diketahui penyebab pasti dari kanker pankreas. Namun, terdapat beberapa faktor risiko yang membuat seseorang mengidap kanker pankreas, yakni berusia di atas 55 tahun, perokok, berat badan berlebih, menderita diabetes, suka mengonsumsi minuman alkohol, dan juga terlalu banyak mengonsumsi daging merah.

Kanker pankreas yang diidap Rizal Ramli hingga meninggal dunia itu juga menunjukkan beberapa gejala yang biasanya muncul ketika sudah masuk di stadium lanjut.

Adapun gejalanya, yakni hilang nafsu makan, berat badan turun drastis, gatal-gatal di kulit, mual dan muntah, diare, perut kembung, sembelit, urine berwarna gelap, feses berwarna pucat, tubuh gampang lelah, kulit dan putih mata berwarna kuning, hingga sakit peru yang menjalar ke punggung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya