SOLOPOS.COM - Artis Kiki Fatmala. (Instagram/@qq_fatmala)

Solopos.com, SOLO — Aktris Kiki Fatmala meninggal dunia pada Jumat, 1 Desember 2023 karena komplikasi kanker paru stadium 4 yang ia derita beberapa tahun terakhir. Hal ini membuat publik penasaran dengan gejala kanker paru stadium 4, kira-kira apa saja?

Sebelum meninggal dunia karena komplikasi kanker, Kiki Fatmala sendiri pernah dinyatakan semebuh dari penyakitnya yang sudah stadium 4. Pemain film Gadis Malam ini mengucapkan syukur atas mukjizat yang diterimanya. “Mengucap syukur kesembuhan yang terjadi. Segala perkara dapat ku tanggung di dalam dia yang memberi kekuatan kepadaku,” tulis Kiki Fatmala di akun Instagramnya seperti dikutip pada Sabtu (23/4/2022).

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

Kiki Fatmala juga menuliskan awal mula dia divonis mengidap kanker paru-paru stadium 4. Hal itu terjadi pada 19 November 2021. “Tanggal 19 November 2021 hari di mana semuanya berubah. Aku didiagnosis kanker paru-paru stadium 4,” tulis Kiki Fatmala dalam bahasa Inggris.

Diakui oleh Kiki, dirinya sempat tak menyangka bisa mengidap penyakit yang terbilang mematikan itu. “Aku menyadari bahwa semuanya tak akan sama lagi dan hidup terbagi jadi dua bagian: Sebelum dan sesudah ini,” tambah dia.

Lalu, apa sih gejala kanker paru stadium 4 hingga membuat Kiki Fatmala meninggal dunia?

kanker paru-paru jamur pada Ilustrasi penyakit paru-paru Buruh Pabrik Gondangrejo Karanganyar vitamin
Ilustrasi paru-paru dengan penyakit. (Freepik)

Kanker stadium 4 sendiri dibedakan menjadi dua, yakni 4a dan 4b. Stadium 4a kankernya sudah menyebar di dalam paru-paru atau ke satu area di luar paru-paru. Sedangkan stadium 4b, kankernya sudah menyebar ke beberapa tempat di satu atau lebih organ yang tidak dekat dengan paru-paru, seperti otak, hati, atau tulang.

Mengutip laman Halodoc.com, kanker paru stadium 4 menyebar ke paru-paru lain atau bagian tubuh lainnya sehingga muncul tanda di tubuh. Misalnya, bila kanker menyebar ke hati, pengidap mungkin bisa mengalami penyakit kuning yang membuat mata, kulit, dan kuku menguning.

Namun, pada umumnya ada tujuh gejala pada penderita kanker paru stadium 4 yang membuat aktris Kiki Fatmala meninggal dunia. Beberapa di antaranya sakit dada, sesak napas, batuk darah atau darah berwarna karat, batuk terus menerus, suara serak, kehilangan nafsu makan, hingga penurunan berat badan tiba-tiba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya