SOLOPOS.COM - Posisi BAB yang benar (Teknotc)

Hasil penelitian menujukkan menggunakan toilet jongkok lebih menyehatkan daripada toilet duduk.

Solopos.com, SOLO — Saat ini penggunaan toilet duduk telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern. Toilet duduk dipilih masyarakat karena dirasa lebih nyaman dan bersih. Tapi tahukan Anda, menggunakan toilet duduk setiap hari justru berefek negatif bagi kesehatan?

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Hasil penelitian oleh ilmuwan Rusia, Dov Sikirov, yang tertulis dalam jurnal Digestive Diseases and Sciences megungkapkan duduk atau jongkok dapat mempengaruhi kelancaran BAB seseorang, seperti yang dilansir Medical, Kamis (11/2/2016).

Sikirov melakukan penelitian dengan meminta tiga orang untuk BAB dengan posisi yang berbeda-beda, yakni duduk di toilet setinggi 100 cm, duduk di toilet setinggi 30 cm, dan jongkok di atas wadah plastik. Ketiga orang tersebut diperintahkan untuk merekam berapa lama waktu BAB.

Hasilnya, orang dengan BAB jongkok hanya butuh sekitar 50 detik untuk mengeluarkan isi perut mereka. Sedangkan orang dengan BAB duduk membutuhkan waktu sekitar 130 detik. Selain itu, saat jongkok peserta juga merasa mudah dan lebih nyaman di perutnya.

Dalam studi yang lain, para ahli kesehatan juga menunjukkan sejumlah manfaat kesehatan dari toilet jongkok, yakni mengurangi sembelit, kembung, meningkatkan kesehatan usus besar, otot panggul, dan kandung kemih lebih sehat.

Selain itu, menggunakan toilet duduk bisa menularkan bakteri dan kuman melalui bagian penyangga kloset, terlebih toilet yang digunakan di tempat publik.

Sejumlah buku teks medis juga menyarankan posisi jongkok saat di toilet ternyata lebih menyehatkan. Hal tersebut dikarenakan tabung saluran tinja cenderung lebih lurus dibanding toilet duduk yang lintasan fesesnya bengkok sehingga membutuhkan usaha ekstra. Oleh karena itu selain alami, toilet jongkok juga lebih nyaman digunakan karena bisa mengurangi jumlah ketegangan otot perut yang diperlukan untuk mengeluarkan feses.

Lalu apa yang harus dilakukan ketika di rumah Anda menggunakan toilet duduk? Caranya, Anda bisa menggunakan kursi kecil sebagai tumpuan kaki. Gunakan kursi kecil dengan ketinggian sekitar 30 cm agar terbentuk sudut 35 derajat pada saat kaki menekuk. Cara ini membuat anda merasa lebih nyaman dan sehat.

Kehadiran toilet duduk mulai dipopulerkan oleh orang Barat pada abad ke-16 saat flushing toilet ditemukan. Di Indonesia toilet duduk atau kloset mulai dikenal pada penjajahan Belanda. Namun perdebatan kesehatan mengenai toilet jongkok atau duduk baru dibahas sekitar tahun 70-an. (Afroh Ellyfa/JIBI/Solopos.com)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Bali United Siap Taklukkan Persib meski Tanpa Dukungan Penonton di Stadion

Bali United Siap Taklukkan Persib meski Tanpa Dukungan Penonton di Stadion
author
Abu Nadzib , 
Abu Nadzib Senin, 13 Mei 2024 - 21:13 WIB
share
SOLOPOS.COM - Laga antara Persib Bandung versus Bali United di babak reguler Liga 1 2023/2024. (Istimewa/PT LIB)

Solopos.com, GIANYAR — Bali United FC siap menaklukkan tim tamu Persib Bandung pada laga leg pertama semifinal Championship Series BRI Liga 1 2023/24 meski tanpa dukungan penonton.

Laga di Bali United Training Center, Gianyar, Selasa (14/5/2024) mulai pukul 19.00 WIB itu dipastikan tanpa suporter dengan alasan keamanan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Awalnya laga akan digelar di Stadion I Wayan Dipta. Tapi karena bertepatan dengan gelaran Piala Asia U-17 akhirnya pertandingan dipindah ke Bali United Training Center yang tanpa fasilitas tempat duduk.

Koran Solopos

Meski diakui akan menjadi laga yang tak mudah, namun Serdadu Tridatu –julukan Bali United– sudah mencanangkan untuk mengamankan poin penuh di laga yang sangat menentukan nanti.

Laga antara Bali United melawan Maung Bandung diprediksi akan berjalan ketat dan seru. Ini karena pertemuan kedua tim selalu menghadirkan persaingan yang sengit, termasuk pada musim 2023/24 ini.

Dari dua pertemuan yang dijalani pada Regular Series, kedua tim selalu bermain imbang 0-0 pada pekan ke-6 juga pekan ke-23 atau baik saat di tandang juga saat tampil di kandang sendiri.

Emagazine Solopos

“Kita punya persiapan yang bagus. Semua semangat dalam latihan juga fokus. Kita main lawan Persib, tim yang bagus dan kuat. Yang pasti, kita sangat siap main lawan Persib besok,” kata pelatih Bali United, Stefano Cugurra seperti dikutip dari laman PT LIB, Senin (13/5/2024).

Pelatih yang akrab disapa Teco itu juga menegaskan jika semua tim yang lolos ke fase Championship Series adalah tentu tim yang bagus di fase Regular Series.

“Namun di Championship Series ini berbeda. Ada dua laga semifinal, yang pertama di Bali dan kedua di Bandung. Kita harus fokus di laga ini. Terdekat laga lawan Persib besok, mudah-mudahan tim dapat main bagus dan bisa memenangi laga,” lanjut mantan pelatih Persija Jakarta ini.

Interaktif Solopos

Pria asal Brasil itu menambahkan kedua tim akan kerja ekstra keras untuk dapat lolos ke final.

Hal itu akan membuat tensi pertandingan tinggi.

“Tensi pasti tinggi di laga krusial seperti ini. Untuk keberadaan David da Silva dan Ciro Alves, keduanya adalah pemain asal Brasil yang sudah lama di Indonesia dan punya kualitas yang sangat bagus. Kita harus fokus penuh di belakang untuk tidak kebobolan karena kedua pemain ini punya kualitas untuk cetak gol,” tegas Teco.

Untuk laga nanti, sebuah keuntungan tentunya dimiliki Bali United yang akan bermain di lapangan latihannya.



Ini karena memang Ilija Spasojevic dkk. hampir selalu berlatih di Bali United Training Center tiap harinya.

“Kita tentu sudah sangat hapal kondisi lapangan pertandingan nanti karena kami tiap hari latihan di tempat yang sama. Namun bakal tanpa suporter juga tentu bukan hal yang bagus karena memang bakal berbeda jika tampil di kandang sendiri tanpa dukungan suporter,” kata Teco.

Ada satu hal baru juga di fase Championship Series yang akan digunakan pada laga yakni Video Assistant Referee (VAR) yang untuk pertama kalinya akan digunakan di kompetisi musim ini.

“Terkait VAR, mudah-mudahan tentu wasit pimpin laga dengan bagus. Ada VAR juga mudah-mudahan bisa bantu wasit dan harapannya tidak lama ambil keputusan dari VAR,” harap Teco.

Pemain Bali United, Irfan Jaya mengatakan dia rekan-rekannya sudah siap tempur untuk laga lawan Persib nanti.

“Semua sudah sangat siap dan termotivasi untuk memenangi laga nanti. Kita akan main di kandang melawan Persib yang juga adalah tim yang bagus. Namun tentu kami bertekad untuk bisa memenangi laga,” pungkas Irfan Jaya.

Persib Optimistis

Di kubu Persib, Vice President Operational PT Persib Bandung Bermartabat, Andang Ruhiat meyakini timnya bisa mengambil poin dari Bali United.

Tapi ia meminta Bobotoh (suporter Persib) untuk tidak memaksakan diri untuk datang ke Bali.

Selain karena regulasi kompetisi Liga 1 musim 2023/2024 terkait larangan suporter tim tamu datang, Andang menginformasikan PT Liga Indonesia Baru sebagai operator liga sudah memutuskan pertandingan semifinal leg pertama Bali United vs Persib dinyatakan tertutup.

“Sesuai keputusan dari PT LIB sebagai operator liga, pertandingan tersebut terpaksa dimainkan di Training Center (TC) Bali United, karena Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar masih digunakan untuk venue Piala Asia Wanita U-17. Karena itu, pertandingan PT LIB nyatakan tertutup,” kata Andang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Konvoi Kelulusan Pelajar SMA di Jogja Berujung Tawuran, Polisi Tangkap 7 Orang

Konvoi Kelulusan Pelajar SMA di Jogja Berujung Tawuran, Polisi Tangkap 7 Orang
author
Abdul Jalil Senin, 13 Mei 2024 - 20:58 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi penganiayaan (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, JOGJA – Aksi konvoi kendaraan untuk merayakan kelulusan SMA dilakukan sjeumlah pelajar di Kota Jogja, Senin (13/5/2024). Aksi konvoi kelulusan pelajar ini pun berujung pada tawuran antarpelajar hingga saling lempar batu dan petasan oleh para pelajar.

Pihak kepolisian dari Polresta Jogja menangkap sejumlah pelajar yang terlibat dalam aksi tersebut.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kapolresta Jogja, Kombes Pol Aditya Surya Dharma, menjelaskan kejadian ini bermula ketika ada kelompok dari salah satu sekolah yang melakukan provokasi saat konvoi kelulusan.

“Konvoi keliling-keliling, kemudian saat di sekolah SMK 3 Muhammadiyah Jogja itu melakukan aksi provokasi dengan goyang-goyang pagar melempar petasan dan sejumlah batu,” katanya saat dikonfirmasi, Senin.

Koran Solopos

Kemudian dari petugas keamanan sekolah yang diprovokasi itu melaporkan ke Polresta Jogja. Petugas kepolisian pun langsung mendatangi lokasi dan membubarkan konvoi tersebut.

“Kami datang ke TKP, kemudian kami bubarkan walaupun tadi ada satu orang yang konvoi yang sempat viral karena jatuh [ke selokan], kami introgasi dia, katanya ada yang dorong dari warga kemudian dia bersembunyi di bawah,” katanya.

Rombongan konvoi tersebut menurutnya terdiri dari siswa kelas XII dan kelas XI di satu sekolah. Polisi juga menemukan siswa dari sekolah yang berbeda, tetapi masih didalami keterlibatannya dalam kejadian ini.

Emagazine Solopos

“Kami amankan tujuh orang,” ungkapnya.

Para pelajar tersebut, kata dia, berkeliling Kota Jogja dan sempat melewati Jalan Pramuka, sebagaimana yang terlihat di video yang beredar di media sosial.

“Masih kami dalami lagi apakah mereka ada tujuan-tujuan tertentu atau pas lewat situ sehingga terjadi aksi provokasi seperti itu,” paparnya.

Interaktif Solopos

Dari pengakuan para pelajar tersebut, dalam konvoi itu mereka baru berhenti di sekolah SMK 3 Muhammadiyah. Adapun dari tangan para pelajar, polisi mendapati sejumlah barang seperti cat semprot, bekas petasan, gir, tongkat pemukul hingga obat yang diduga obat berbahaya.

Meski demikian, dari pemeriksaan sejauh ini, polisi belum mendapati kontak fisik antar pelajar.

“Kalau kontak semacam tawuran tidak ada tadi hanya yang masuk ke sungai itu, pengakuannya ditabrak ojek kemudian oleh salah satu warga didorong masuk sungai,” kata dia.



Ia mengimbau pihak sekolah untuk lebih mengawasi para siswanya agar tidak terjadi tawuran. “Kita mengimbau ke sekolah-sekolah untuk lebih menjga siswanya, dan kita juga adakan patroli siber maupun secara terbuka untuk mengantisipasi aksi tandingan dari sekolah-sekolah lain,” ungkapnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Konvoi Kelulusan Pelajar Jogja Diwarnai Aksi Serang dan Lempar Batu, Begini Kronologinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Masuk BTS Pop-Up Store di Jakarta Gratis, Maksimal 30 Menit

Masuk BTS Pop-Up Store di Jakarta Gratis, Maksimal 30 Menit
author
Akhmad Ludiyanto Senin, 13 Mei 2024 - 20:58 WIB
share
SOLOPOS.COM - BTS. (BIGHIT MUSIC)

Solopos.com, JAKARTA – Berikut ini cara masuk ke BTS Pop-Up Store yang sedang diadakan di Jakarta. Untuk diketahui, pameran pernak-pernik eksklusif BTS hadir di Jakarta melalui pop-up store, Monochrome.

Pop-up store tersebut berada di Metro Department Store, Gandaria City, yang resmi dibuka pada Kamis (9/5/2024) lalu. Adapun pameran merchandise BTS ini akan berakhir pada 23 Juni 2024. Indonesia menjadi negara ketiga yang mendapat kesempatan untuk membuka pameran tersebut.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Sebelumnya, BTS Pop-Up: Monochrome telah dibuka di Korea Selatan dan Jepang. Setelah itu, pameran juga akan berlanjut ke negara lain.

Koran Solopos

Biaya dan Tiket Masuk

Bagi penggemar yang ingin masuk ke pameran ini bisa langsung mendatangi Metro Department Store, Gandaria City mulai pukul 09.00 WIB. Pameran ini tidak memungut harga tiket alias gratis. Namun pengunjung harus mengantre untuk mendapatkan kuota masuk. Adapun kuota yang diberikan terbatas setiap harinya.

Cara Masuk Pop-Up: Monochrome

  • Cara masuk ke pameran Pop-up: Monochrome yakni dengan: Datang dan mengantre untuk mendapatkan kuota masuk
  • Nomor antrian didistribusikan mulai pukul 09.00 WIB di Lobby Utara (North Entrance), Gandaria City
  • Antrean dapat ditutup apabila kuota sudah terpenuhi dalam satu hari
  • Pelanggan memiliki kesempatan 30 menit untuk berada di dalam pameran tersebut
  • Setelah keluar pameran, pengunjung tidak diizinkan masuk lagi

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Harga Tiket dan Cara Masuk ke BTS Pop-Up Store: Monochrome di Jakarta”

Emagazine Solopos
Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories