SOLOPOS.COM - Ilustrasi kucing peliharaan. (cat-breed-info.com)

Solopos.com, SOLO – Kucing dari waktu ke waktu menjadi salah satu hewan peliharaan populer di pelbagai penjuru dunia. Selain karena wajahnya yang dianggap lucu dan menggemaskan, perilaku kucing kerap kali dianggap mampu membuat pemilik mampu mengelola emosi dengan baik.

Bukan hanya dapat dijadikan sahabat oleh para pemiliknya, berbagai jenis kucing ras juga memiliki nilai gengsi yang mampu mendongkrak kebanggaan bagi pemiliknya. Memiliki kucing ras yang dianggap unggul mampu menjadi pertanda kelas sosial tertentu bagi para pemiliknya.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Nyatanya ras kucing favorit dunia berubah dari tahun ke tahun, mengikuti tren pada masa tersebut. Berikut ini 4 ras kucing yang menjadi favorit dunia selama tahun 2013 lalu sebagaimana dihimpun Solopos.com, Minggu (29/12/2013).

 

Diawali dari kucing persia…

 

Kucing Persia

Kucing persia (petcarebd.com)

Kucing persia (petcarebd.com)

Wajar saja jika ia termasuk kucing yang banyak diminati oleh pencinta kucing di seluruh dunia. Kucing persia dikenal memiliki bulu yang lembut dan indah. Wataknya pun tergolong manis dan lembut. Mereka mudah menyesuaikan diri di lingkungan dan pemilik baru.

Kebiasaan kucing ini adalah berdiam diri di dalam rumah dengan situasi tenang dan nyaman. Meski demikian, mata mereka terlihat ekspresif dan menggemaskan sehingga membuat ras kucing ini diminati oleh berbagai usia.

 

Maine coon berikutnya…

Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon (themellowjihadi.com)

Kucing Maine Coon (themellowjihadi.com)

Maine coon merupakan jenis kucing dengan badan besar. Ia merupakan salah satu keturunan alami kucing tertua di Amerika Utara yang juga dijadikan sebagai kucing resmi di kawasan tersebut.

Kucing ini berkembang biak cukup pesat pada sekitar abad ke-19, namun keberadaannya sempat terancam ketika keturunan kucing berambut panjang ini mulai diperkenalkan di abad ke-20. Tapi itu tak berlangsung lama, buktinya maine coon tetap menjadi sosok kucing cerdas yang menjadi kucing favorit bagi para pencinta kucing dunia.

 

Exotic favorit selanjutnya…

Kucing Exotic

Kucing exotic (catsnco.wordpress.co)

Kucing exotic (catsnco.wordpress.co)

Tokoh kartun Garfield diilhami kucing ras ini. Kucing ras exotic memiliki kepribadian yang lembut dan tenang seperti halnya kucing persia.

Sikapnya yang cenderung tenang membuat kucing ini cocok dipelihara oleh mereka yang tinggal di daerah perkotaan. Lagi pula perawatan bulu kucing jenis exotic short hair lebih mudah penanganannya ketimbang kucing-kucing berbulu panjang.



Tetapi, kendati wajah mereka tampak lucu, kucing exotic umumnya tidak suka ditinggal sendirian para pemiliknya. Kucing exotic bakal tampak lebih riang jika ditemani pemiliknya, ia cenderung membutuhkan kehadiran pemiliknya.

 

…berikutnya kucing siam…

 

Kucing Siam

Kucing siam (cat-breed-info.com)

Kucing siam (cat-breed-info.com)

Siamese cat atau kucing siam merupakan ras kucing yang berkembang biak dengan baik di Thailand. Mereka merupakan salah satu ketiurunan asli dari Wichian Mat.

Pada abad ke-20, kucing siam menjadi salah satu kucing paling populer di Eropa dan Amerika Utara. Kucing siam modern ini ditandai dengan mata yang berbentuk seperti almond berwarna biru. Bentuk kepalanya menyerupai segitiga, telinganya besar, dan tubuhnya ramping dan memanjang.

Kucing siam cenderung lebih suka hidup berkelompok dan menyukai interaksi dengan sang pemilik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya