SOLOPOS.COM - Kucing sphinx (animals-library.blogspot.com)

Solopos.com, SOLO — Kucing diyakini tetap menjadi binatang kesayangan para pencinta hewan peliharaan pada tahun 2014 ini. Pada kenyataannya, tak semua ras populer pada suatu era. Bisa saja ras kucing yang populer pada suatu kurun waktu tertentu tak lagi populer pada kurun waktu berbeda.

Empat ras kucing yang dicatat Solopos.com sebagai ras kucing paling populer sepanjang 2013, yakni kucing persia, kucing maine coon, kucing exotic short hair,dan kucing siam, mungkin saja bertahan di hati para pencinta hewan peliharaan. Namun, mungkin saja popularitas mereka tergeser oleh ras kucing lain pada 2014 ini, layaknya kucing anggora yang kini hampir tak terdengar meongnya.

Promosi Dirut BRI dan CEO Microsoft Bahas Akselerasi Inklusi Keuangan di Indonesia

Menyadari pasang surut popularitas ras kucing itu, para pencinta hewan peliharaan tentu senantiasa bertanya-tanya tentang ras kucing yang diprediksi akan populer di tahun 2014. Cacang Effendy , seorang pioneer breeding kucing di Indonesia yang tahun lalu mem-posting artikel prediksi kucing favorit Indonesia sepanjang 2013, kini absen membuat ramalan.

Untuk itulah, Solopos.com, akhir pekan lalu mencoba menghimpun prediksi dari pelbagai sumber yang melakukan berbagai metode guna mendeteksi selera publik atas ras kucing favorit pada tahun 2014 ini. Situs Animal Planet milik Discovery Channel mendeteksi popularitas ras kucing berdasarkan rekaman video paling banyak dilihat para pengguna Internet. Sementara laman lain mengklasifikasikan popularitas kucing dari minat netizen mengintip laman paparan tekstual tentang ras kucing tertentu, ada juga yang mendasarkan pada kerapnya ras kucing tertentu dibicarakan publik.

Berikut ini prediksi Solopos.com atas kucing favorit pencinta hewan peliharaan pada tahun 2014 ini.

Dimulai dari ragdool…

Kucing Ragdoll

Kucing ragdoll (commons.wikimedia.org)

Kucing ragdoll (commons.wikimedia.org)

Ragdoll sejatinya telah diprediksi bakal menjadi kucing idaman sejak tahun lalu. Nyatanya pesonanya masih belum maksimal menghipnotis para penggemar hewan peliharaan. Namun pada 2014, pesona itu bisa jadi menyeruak lebih maksimal.

Ras kucing ini merupakan jenis kucing bermata biru. Kucing dengan sifatnya yang jinak, lucu, tidak terlalu aktif, dan penuh kasih sayang ini memiliki bulu halus dan lembut sehingga sangat menyaman dibelai. Kucing ini mudah dilatih mengikuti instruksi pemiliknya.

Ragdoll memiliki suara yang terdengar sopan, bahkan saat makan malam bersama keluarga sekali pun. Kucing ini akan tetap terlihat manis, walaupun ia memiliki antusiasme untuk makan.

Selanjutnya ras oriental

Kucing Oriental

Kucing oriental (animalkingdomz00.com)

Kucing oriental pada tahun 2013 lalu paling banyak disimak rekaman videonya di situs Animal Planet. Kucing ras ini bisa jadi jadi idam-idaman para pencinta kucing di seluruh dunia, sehingga mungkin saja menjadi salah satu favorit para penggemar hewan peliharaan sepanjang 2014 ini.

Kucing dengan mata mirip biji almon ini memiliki sifat yang aktif dan penuh semangat. Itu membuatnya cocok menjadi teman beraktivitas oleh pemiliknya. Kucing jenis ini tergolong cerdas karena ia selalu merasa ingin tahu aktivitas pemiliknya. Sayangnya, kucing oriental memiliki sifat yang sensitif jika merasa diabaikan oleh sang pemilik.

Kucing birma juga populer?

Kucing Birma

Kucing birma (walldigest.com)-1

Kucing birma (walldigest.com)-1

Kucing jenis ini memiliki kepribadian yang lembut dan penuh kasih sayang. Berdasarkan pengakuan dari orang yang memelihara kucing jenis ini, kucing birma tergolong jenis kucing yang memiliki rasa penasaran yang tinggi terhadap orang yang baru ia kenal. Karena sifatnya yang lembut itulah, kucing ini terkesan lucu. Lagi pula ia mudah dirawat sehingga menjadi hewan peliharaan yang ideal bagi siapa pun.

Pada akhirnya sphinx…

Kucing Sphinx

Kucing sphinx (animals-library.blogspot.com)

Kucing sphinx (animals-library.blogspot.com)



Pelbagai laman yang membahas kucing di Internet banyak membahas kucing sphinx beberapa tahun terakhir ini. Rasa penasaran netizen itu tak bisa dilepaskan dari penampilan tak lazim ras kucing ini. Kucing sphynx atau sphinx memang memiliki perbedaan yang sangat mencolok mata dibandingkan dengan kucing lainnya.

Ciri khas kucing ini adalah tidak adanya bulu yang menempel di badannya, sehingga akan terasa hangat ketika dipegang. Namun, kumis dan beberapa bagian tubuh lainnya seperti telinga dan ekor terkadang ditumbuh bulu pendek. Perubahan musim maupun hormonal kucing juga dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut.

Kulitnya yang terlihat longgar pada bagian tubuhnya memberikan efek kerutan di kucing ini. Warna maupun pola yang ada di tubuh kucing ini tergantung dari pigmen kulit dan beberapa bulu yang tumbuh.

Bisa jadi keunikan itulah yang membuat rasa ingin tahu bagi sebagian besar orang tanpa harus memilikinya. Namun sejumlah pembudi daya kucing terlihat antusias membiakkan kucing ini—termasuk di Indonesia. Ketersediaan kucing ras ini membuat sphinx mungkin saja menjadi kucing peliharaan yang bergengsi pada tahun 2014 ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya