SOLOPOS.COM - Ilustrasi minum air dingin saat cuaca panas. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Beredar informasi tentang larangan mengonsumsi air dingin saat cuaca panas sebab kebiasaan itu bisa menyebabkan pembuluh darah pecah. Benarkah? Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Sebagaimana diketahui cuaca panas tengah melanda wilayah Indonesia dan sejumlah negara lain di Asia pada pekan terakhir April. Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan dinamika atmosfer yang tidak biasa menjadi salah satu penyebab Indonesia mengalami suhu panas dalam beberapa hari terakhir. Simak ulasannya di info teknologi kali ini.

Promosi Beredar Video Hoax Uang Hilang, Pengamat Sebut Menabung di Bank Sangat Aman

“Suhu panas ekstrem melanda negara-negara Asia sepekan terakhir. Indonesia tidak mengalami gelombang panas, tetapi suhu maksimum udara permukaan tergolong panas,” ujar Plt Deputi Bidang Klimatologi, Dodo Gunawan di Jakarta, seperti dikutip dari Antara pada Senin (24/4/2023).

Menurut informasi yang banyak beredar di WhatsApp itu, meminum air dingin saat tubuh terpapar suhu tinggi saat cuaca panas akan menyebabkan pembuluh darah pecah, bahkan berpotensi meledak.

“Bersiaplah untuk suhu tinggi antara 40°-50°C. Selalu minum air bersih dan minum perlahan. Hindari air dingin atau es.
Apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan? 1. Dokter mengatakan *jangan terus minum air yang sangat dingin saat suhu mencapai 40°C* karena pembuluh darah kecil kita bisa pecah atau meledak,” demikian bunyi narasi yang beredar dikutip dari Antara pada Kamis (27/4/2023).

Namun, benarkah minum air dingin saat cuaca panas menyebabkan pembuluh darah pecah?  Dokter spesialis penyakit dalam dari RS Pondok Indah-Puri Indah Muhammad Ikhsan Mokoagow mengatakan meminum air dingin setelah tubuh terpapar udara panas tidak akan memicu pembuluh darah meledak atau heat stroke.

Heat stroke adalah kegagalan tubuh dalam melakukan pendinginan, baik dengan cara berkeringat atau melakukan penguapan kulit akibat suhu panas.

Justru perendaman air es menjadi yang paling cepat dan efektif menangani heat stroke, kata Muhammad Ikhsan, pada 2019 lalu.  Penanganan orang yang terkena heat stroke biasanya dengan disemprot air dingin atau mengelap permukaan kulit pakai ice packs di area pangkal paha, ketiak, leher, dan dada.

Dengan demikian, kabar minum air dingin saat cuaca panas sebabkan pembuluh darah pecah merupakan informasi keliru.

Informasi itu juga terpantau telah dikategorikan sebagai hoaks oleh Kominfo sejak 2019.

Dengan demikian klaim minum air dingin saat cuaca panas menyebabkan pembuluh darah pecah adalah info hoaks.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya