SOLOPOS.COM - Ilustrasi hubungan mertua dan menantu (babble.com)

Solopos.com, SOLO-Hubungan yang tidak direstui orang tua bukanlah akhir dari segalanya. Masih ada beberapa cara yang mungkin bisa membuka peluang agar kamu tetap bisa melanjutkan hubungan tersebut.

Yang jelas, kamu harus tahu strategi awal untuk menghadapi mereka. Berikut adalah sejumlah cara yang bisa kamu pakai untuk menghadapi orang tua agar hubunganmu dengan si dia memperoleh restu mereka, seperti dikutip dari laman Close Up:

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

 

Tanyakan Alasan yang Jelas

Pasti ada alasan khusus mengapa hubungan yang sedang kamu jalani tak direstui oleh orang tuamu. Nggak usah overthinking bertanya-tanya sendiri mengenai alasannya, kamu bisa langsung saja tanyakan secara baik-baik kepada orang tua.

Dengan mengetahui alasan mengapa mereka tak merestui hubunganmu, kamu pun bisa mendapatkan kunci untuk mencari solusi yang tepat dalam mengatasi masalah ini.

 

Terbuka dengan Pendapat Orang Tua

Jika kamu sudah mengetahui alasan hubungan yang tidak direstui orang tua, ajak orang tua untuk berbicara dari hati ke hati. Orang tua umumnya memiliki naluri tersendiri dalam menilai pasangan anaknya. Alih-alih mendebatnya, lebih baik duduk dengan kepala dingin untuk mendengarkan pendapat mereka.

Meskipun pendapatnya mungkin enggak sejalan dengan pendapatmu, setidaknya dengarkan dahulu agar mereka tidak tersinggung.

Setelah itu, coba yakinkan secara perlahan bahwa pasanganmu tidak seburuk pendapatnya. Kalau kamu berusaha dengan gigih, secara perlahan tetapi pasti orang tua akan bisa menilai pasanganmu secara objektif.

 

Komunikasikan dengan Kepala Dingin

Komunikasi memang sangat dibutuhkan untuk memperoleh restu dari orang tua. Dalam usaha mencari solusi atas hubungan yang tidak direstui orang tua, coba komunikasikan secara intens tetapi tidak memaksa.

Enggak hanya itu, komunikasi juga bisa menjadi cara terbaik untuk meyakinkan orang tua bahwa pasanganmu layak untuk dijadikan menantu. Bila perlu, kemukakan alasan mengapa si dia pantas untuk bersanding denganmu.

 

Kenalkan Pasangan kepada Orang Tua

Pernah dengan pepatah “Tak kenal maka tak sayang”? Nah, hal ini juga berlaku untuk kamu yang sedang berjuang memperoleh restu orang tua atas hubungan yang sedang dijalani. Jika selama ini orang tuamu hanya menilai pasanganmu dari cerita, ini adalah saat yang tepat untuk memperkenalkan mereka secara langsung.

Pada saat ada acara keluarga, jangan ragu untuk membawa pasangan untuk diperkenalkan kepada orang tua. Ingat, bertemu secara langsung tentu berbeda ketimbang hanya mendengar cerita dari orang lain. Jadi, nggak ada salahnya kamu mulai mengatur pertemuan antara orang tua dan pacarmu.

 

Minta Bantuan Teman

Jika kamu punya teman yang kenal dekat dengan orang tuamu, dia bisa membantumu untuk mendapatkan restu orang tuamu. Caranya gampang banget, minta temanmu untuk menceritakan kebaikan pacarmu kepada orang tua. Nggak usah terlalu menggebu, santai saja agar terlihat natural.

Pada dasarnya, permasalahan cinta tak direstui orang tua tetap bisa dicari solusinya kok. Kamu dan pasangan bisa membentuk team work untuk sama-sama berjuang memperoleh restu dari orang tua.

Ingat, backstreet bukan penyelesaian atas masalahmu ini. Justru backstreet bisa menambah masalah baru dan mengurangi kepercayaan orang tua apabila akhirnya mereka mengetahui hubungan kalian.

Kamu juga harus netral, tidak memihak pacar atau orang tua. Bersikaplah bijaksana agar bisa menjadi jembatan antara kedua pihak.

Demikian beberapa cara untuk mengatasi hubungan yang tidak direstui orang tua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya