SOLOPOS.COM - Ilustrasi memotong kuku. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Banyak umat Islam yang bertanya tentang hukum potong kuku dan rambut bagi yang berkurban. Hal ini mengingat Hari Raya Iduladha 2024 sebentar lagi tiba pada Senin (17/6/2024).

Soal potong kuku dan rambut menjelang Hari Raya Iduladha yang berkurban masih menuai perdebatan dari berbagia kalangan. Permasalahan ini berawal dari perbedaan ulama dalam memahami hadis riwayat Ummu Salamah yang terdokumentasi dalam banyak kitab hadis. Ia pernah mendengar Rasulullah SAW berkata:

Promosi Tumbuh Pesat, Agen BRILink Catatkan Transaksi Rp370 Triliun di Kuartal I-2024

“Apabila sepuluh hari pertama Zulhijah telah masuk dan seorang di antara kamu hendak berkurban, maka janganlah menyentuh rambut dan kulit sedikitpun, sampai (selesai) berkurban.” (HR Ibnu Majah, Ahmad, dan lain-lain).

Lalu, bagaimana sebenarnya hukum potong kuku dan rambut bagi yang berkurban menjelang Hari Raya Iduladha?

Mengutip laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online), selama menunggu proses kurban, lebih baik tidak memangkas rambut atau pun memotong kuku bila hal tersebut tidak diperlukan.

Namun, andaikan, kukunya sudah panjang dan kotor, dan rambutnya sudah panjang dan berkutu, silakan dipotong dan kurbannya tetap dilanjutkan. Sebab memotong rambut tersebut tidak berimplikasi pada sah atau tidaknya kurban.

Akan tetapi, NU mengatakan agar umat muslim yang berkurban untuk tidak mematahkan tanduk, kuku, atau memangkas bulu hewan. Hal ini dikarenakan akan menjadi saksi di hadapan Allah SWT. Saran ini berlandasan dari kitab Mirqatul Mafatih.

“Ada pendapat gharib dari Ibnul Malak. Menurutnya, hadits tersebut berarti tidak boleh mengambil (memotong) bulu dan kuku hewan yang dikurbankan,” bunyi keterangan dalam kitab tersebut.

Demikian penjelasan mengenai hukum memotong kuku dan rambut bagi yang berkurban menjelang Hari Raya Iduladha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya