SOLOPOS.COM - Ilustrasi berbuka puasa. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Kerap dilakukan umat muslim menjelang Ramadan, bagaimana hukum melakukan puasa di bulan Syakban?

Syakban merupakan bulan yang di dalamnya terdapat beragam peristiwa bersejarah, yakni pengalihan arah kiblat dari Masjidil Aqsha ke Ka’bah di Makkah dengan penurunan Surat Al-Baqarah ayat 144 serta Surat Al-Ahzab ayat 56.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Pada bulan ini juga Rasulullah SAW memperbanyak puasa. Bahkan, beliau hampir berpuasa satu bulan penuh, kecuali satu atau dua hari di akhir bulan saja agar tidak mendahului Ramadan. “Bulan yang paling dicintai oleh Rasulullah SAW untuk berpuasa sunah adalah bulan Syakban, kemudian beliau menyambungnya dengan puasa Ramadhan.” (HR. Abu Daud no.2431 dan Ibnu Majah no. 1649).

Mengutip situs resmi Nahdlatul Ulama, NU online, hukum puasa Syakban adalah sunah, berdasarkan hadis-hadis sahih dari Rasulullah SAW, salah satunya adalah berikut ini.

“Diriwayatkan dari ‘Aisyah ra, ia berkata: ‘Rasulullah SAW sering berpuasa sehingga kami katakan: ‘Beliau tidak berbuka’; beliau juga sering tidak berpuasa sehingga kami katakan: ‘Beliau tidak berpuasa’; aku tidak pernah melihat Rasulullah saw menyempurnakan puasa satu bulan penuh kecuali Ramadan; dan aku tidak pernah melihat beliau dalam sebulan (selain Ramadhan) berpuasa yang lebih banyak daripada puasa beliau di bulan Sya’ban’.” (Muttafaqun ‘Alaih. Adapun redaksinya adalah riwayat Muslim).

Meski hukumnya sunah, puasa di bulan Syakban haram dilakukan setelah tanggal 16 Syakban. Puasa Syakban harus dimulai sebelum tanggal tersebut, yakni sejak tanggal satu atau paling maksimal tanggal 15. Bila sampai tanggal 15 belum berpuasa, maka haram berpuasa pada tanggal 16 sampai akhir Syakban sesuai dengan hadis berikut.

“Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, sungguh Rasullah saw bersabda: ‘Ketika Syakban sudah melewati separuh bulan, maka janganlah kalian berpuasa’.” (HR Imam Lima: Ahmad, Abu Dawud, at-Tirmidzi, an-Nasa’i, dan Ibnu Majah).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya