SOLOPOS.COM - Pasangan artis Teuku Wisnu (kiri) dan Shireen Sungkar (kanan) saat menggelar resepsi pernikahan di Banda Aceh, Aceh, Minggu (29/12/2014). Pasangan yang sebelumnya menggelar resepsi pernikahan di Jakarta, pada 17 November lalu itu, kembali menggelar acara resepsi di kota kelahiran Wisnu di Banda Aceh, Aceh. (JIBI/Solopos/Antara/Irwansyah Putra)

Indeks kebahagiaan penduduk DKI Jakarta berdasar survei BPS menunjukkan orang yang sudah menikah lebih bahagia daripada yang belum menikah.

Solopos.com, JAKARTA — Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta merilis indeks kebahagiaan penduduk 2014 dan menggambarkan bahwa penduduk Ibu Kota masih bahagia. Namun, dari status perkawinannya, kelompok masyarakat yang belum menikah paling tidak bahagia.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Kepala Bidang Statistik Sosial BPS DKI Jakarta, Sri Santo Budi, mengatakan dari survei yang dilakukan terhadap 1.129 rumah tangga, diketahui indeks kebahagian penduduk Jakarta berada di angka 69,21.

Sedangkan berdasarkan status perkawinannya kelompok masyarakat yang belum menikah cenderung kurang bahagia dengan indeks kebahagiaan sebesar 67,76. “Yang belum menikah paling tidak bahagia,” ujarnya di Kantor BPS DKI saat konferensi pers, Kamis (5/2/2015).

Adapun, kelompok masyarakat dengan status menikah kadar kebahagiaannya lebih tinggi yaitu dengan indeks kebahagiaan 69,32. Setelahnya, kelompok masyarakat berstatus cerai mati berada di angka 69,29, dan yang mengalami perceraian bukan karena kematian berada di angka 67,90.

Lebih lanjut semakin angkanya mendekati 100, semakin bahagia pula penduduknya. Angka ini pun, kata Nyoto, melebihi indeks kebahagiaan nasional yang berada di angka 68,28. “Indeks kebahagiaan DKI lebih tinggi dari nasional yang 68,28,” katanya.

Adapun, aspek yang menggambarkan indeks kebahagiaan berdasarkan kepuasan terhadap kesehatan, pendidikan, pekerjaan, pendapatan rumah tangga, keharmonisan keluarga, ketersediaan waktu luang, hubungan sosial, kondisi rumah dan aset, keadaan lingkungan dan kondisi keamanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya