SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengukur tinggi badan. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Tubuh tinggi bagi sebagian besar orang bisa menambah rasa percaya diri, karena itu ketahui jenis-jenis olahraga peninggi badan. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Tinggi badan seseorang dipengaruhi beberapa hal antara lain genetik dan asupan gizi selama tumbuh kembang mereka. Selama masih dalam masa pertumbuhan, penambahan tinggi tubuh ini bisa dimaksimalkan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Jika karena genetik, tinggi tubuh masih bisa diperbaiki melalui makanan bergizi dan olahraga. Nah, selagi anak masih dalam masa tumbuh kembang tidak ada salahnya memaksimalkan pertumbuhan tubuh mereka melalui olahraga dan asupan gizi.

Berikut ini beberapa olahraga populer yang sering dilakukan karena secara alami dapat meningkatkan pertumbuhan tinggi badan seperti dikutip dari halodoc.com pada Kamis (15/6/2023):

1. Lompat Tali

Salah satu olahraga peninggi badan yang sudah banyak dikenal adalah lompat tali. Kamu diharuskan melompat dengan konsisten saat memainkan olahraga lompat tali (skipping rope). Saat melompat, tubuh akan meregang dan berkontraksi hingga mendorong pembentukan lempeng epifisis pada tulang.

2. Berenang

Berenang dapat mengembangkan tubuh dan otot secara harmonis dan merangsang pertumbuhan tinggi badan. Selain itu, berenang dikenal sebagai salah satu latihan peregangan paling efektif untuk tulang belakang dan seluruh otot.

3. Basket

Bola basket merupakan olahraga peninggi badan. Olahraga ini dapat menambah tinggi badan hingga 20 sentimeter jika dilakukan sejak usia dini.

4. Bersepeda

Selain meningkatkan stamina, bersepeda juga dapat menambah tinggi badan. Tubuh bagian bawah bekerja cukup berat untuk mengayuh selama bersepeda. Otot lutut dan kaki akan menerima lebih banyak aliran darah dari gerakan mengayuh sehingga mendorong pertumbuhan otot.

5. Bulu Tangkis

Bulu tangkis merupakan jenis olahraga yang memerlukan gerakan aktif dan melompat sehingga bisa jadi alternatif olahraga peninggi badan. Olahraga ini membantu meregangkan tulang belakang sehingga meningkatkan tinggi badan.

6. Pull-up

Tulang tubuh bagian atas akan berkontraksi selama gerakan pull-up. Kontraksi dan peregangan bagian ini dapat meningkatkan pembentukan tulang dan berpengaruh pada peningkatan tinggi badan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya