SOLOPOS.COM - Masjid Istiqlal tempat beribadah umat muslim. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Agama telah menjadi satu bagian penting dalam menjalani kehidupan, berikut ini enam agama yang diakui di Indonesia. Agama ini menjadi salah satu bagian dari identitas warga Indonesia yang tertulis di kartu tanda penduduk (KTP).

Status agama menjadi suatu hal yang wajib diisi dalam kartu identitas, tidak peduli seberapa taat seseorang dalam melakukan peribadatan suatu agama. Indonesia sebagai negara demokratis memiliki konstitusi yang menjamin kebebasan beragama kepada semua orang.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

Hal tersebut diperkuat dengan pasal 28E ayat 1 UUD 1945 yang berbunyi “Setiap warga negara bebas memeluk agama dan beribadah sesuai agamanya”. Status keagamaan di Indonesia sudah diajarkan dan diterapkan sedini mungkin. Hal tersebut tertuang dalam sila pertama Pancasila yang berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa”.

Setelah reformasi tahun 1998, Presiden Abdurrahman Wahid mencabut Instruksi Presiden Nomor 14 Tahun 1967 dan keputusan Mendagri Tahun 1978. Pencabutan keputusan tersebut menegaskan bahwa Indonesia memiliki enam agama resmi yang diakui, yakni Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu.

Berikut ini penjelasan mengenai enam agama yang diakui di Indonesia dikutip dari berbagai sumber pada Minggu (15/1/2023):

1. Islam

Dikutip dari indonesia.go.id, mayoritas penduduk Indonesia memeluk agama Islam dengan persentase 87,2% atau sekitar 207 juta orang. Bahkan Indonesia menjadi negara penduduk muslim terbanyak di dunia.  Kamu akan menjumpai banyak pemeluk agama Islam di wilayah barat Indonesia, seperti Jawa, Sumatra, hingga pesisir Kalimantan. Agama Islam sendiri diperkirakan muncul sekitar 1.400 tahun yang lalu, yakni tahun 610 Masehi.

Sementara di Indonesia, Agama Islam diyakini masuk melalui para pedagang Arab dan Persia sekitar abad ke-7 atau 8. Tempat beridah umat muslim adalah masjid.

2. Kristen Protestan

Agama Kristen diperkirakan muncul sekitar 2.000 tahun yang lalu, lho Grameds. Kemunculan agama Kristen dipengaruhi oleh ajaran Calvinisme dan Lutheran di Belanda pada abad ke-16. Di Indonesia sendiri, agama Kristen Protestan menjadi agama kedua terbesar dengan persentase 6,9% atau sekitar 16,5 juta orang.

Kedatangan pada misionaris Eropa ke beberapa wilayah di Indonesia menandai perkembangan agama Kristen di Tanah Air. Beberapa wilayah persebaran agama Kristen di antaranya ialah wilayah barat Papua, sedikit Kepulauan Sunda, Kepulauan Maluku, Tanah Batak, Tanah Karo, Nusa Tenggara Timur, dan lain sebagainya. Tempat beribadahnya gereja.

3. Kristen Katolik

Kedatangan bangsa Portugis ke Indonesia dengan misi mencari rempah-rempah menandai kemunculan agama Kristen Katolik di Kepulauan Maluku. Hal tersebut menjadikan rakyat Maluku sebagai penganut pertama Agama Katolik di Indonesia.  Pada tahun 1.546, pelopor misionaris Kristen Fransiskus Xaverius tiba di Kepulauan Maluku tahun dan membaptiskan beberapa ribu penduduk setempat. Di Indonesia sendiri, penganut agama Katolik memiliki persentase sebesar 2,9% atau sekitar 6,9 juta orang.

4. Hindu

Jaringan perdagangan yang terbentang dari China hingga India pada abad ke-4 menjadi awal kedatangan agama Hindu ke Indonesia. Berdirinya Kerajaan Kutai dan Kerajaan Tarumanegara menjadi kemunculan agama Hindu dengan nilai-nilai Hindu.  Di Indonesia sendiri, penganut agama Hindu memiliki persentase sebesar 1,7% atau sekitar 4 juta orang. Jumlah tersebut menjadikan agama Hindu sebagai agama keempat terbesar di Indonesia. tempat beribadah umat Hindu adalah pura.

5. Buddha

Agama Buddha merupakan agama tertua kedua di Indonesia yang datang pada abad ke-5 Masehi. Hal tersebut terlihat dari beberapa peninggalan prasasti yang ditemukan. Agama Buddha kali pertama dibawa oleh pengelana Fa Hsein dari China. Kemudian pada abad ke-7 kerajaan Buddha di Indonesia, yakni Kerajaan Sriwijaya mulai berkembang dan menjadi pusat pengembangan agama Buddha di Asia Tenggara.

Hingga saat ini, agama Buddha di Indonesia memiliki penganut dengan persentase 0,7% atau sekitar 1,7 juta orang. Jumlah tersebut menjadikan agama Buddha sebagai agama kelima terbesar di Indonesia. Tempat ibadah umat Buddha adalah vihara.

6. Konghucu

Konghucu atau ajaran Konfusius pertama kali muncul pada abad ke-17. Hal tersebut ditandai dengan kemunculan bangunan tua di Pontianak yang kerap dijadikan sebagai tempat pemujaan bagi para penganut agama Konghucu.

Di Indonesia sendiri, agama Konghucu menjadi agama keenam terbesar dengan persentase 0,05% atau sekitar 0,1 juta orang. Kitab Si Shu dan kitab Wu Jing menjadi dua kitab utama yang digunakan pemeluk agama Konghucu. Tempat beribadah umat Konghucu adalah klenteng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya