SOLOPOS.COM - Ilustrasi bayar tagihan di restoran. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Agar tidak muncul keluhan atau justru memancing kemarahan orang lain, sebaiknya ketahui etika yang benar saat hendak melakukan split bill baik dengan pasangan, teman kencan, maupun teman-teman kamu. Seperti apa? Agar keuangan dan hubungan baik tetap terjaga, simak ulasannya di tips asmara kali ini.

Sebagaimana diketahui permasalahan split bill atau patungan membayar tagihan saat berkencan kembali ramai di sosial media, khususnya di Twitter.  Drama split bill kali ini diunggah oleh pemilik akun Twitter @ethernaljuuu. Curhatannya viral lantaran merasa kesal diajak split bill oleh pria yang mengajaknya kencan ke sebuah kafe.

Promosi BRI Perkuat Kolaborasi Strategis dengan Microsoft Dorong Inklusi Keuangan

Dalam cuitannya yang diabadikan akun @infotwitwor_ dan sudah memperoleh sekitar 1,9 juta views dari para pengguna Twitter, gadis yang diketahui benama Nisa itu bercerita bahwa mulanya seorang pria bernama Ridho mengajaknya berkencan dan makan di sebuah cafe.  Namun, selesai berkencan, wanita itu kesal lantaran sang teman pria justru mengajak bayar patungan atas pesanan makanan serta minuman yang mereka beli.

“Kayaknya setelah ini aku putuskan untuk gak ketemu sama cowok mana pun deh. Dia yang maksa buat ngajak ketemu, masa di depan kasir dia baru bilang ke mbak-nya kalau split bill,” tulis akun @ethernaljuuu.

Di tengah curhatan itu, muncul akun @refleckness ia mengaku sebagai Ridho, pria yang mengajak kencan Nisa.  Akun itu membagikan bukti transfer bahwa dirinya sudah membayar ke Nisa total harga makanan yang dia pesan. Dengan kata lain, Nisa tak benar-benar membayar seluruh makanan Ridho.

Untuk menghindari keluhan dari orang lain, sebaiknya kita memahami etika split bill saat makan bersama pasangan maupun teman.  Melansir telkomsel.com, Kamis (3/8/2023) split bill merupakan sebuah konsep yang memungkinkan beberapa orang untuk membagi biaya suatu pembelian bersama-sama. Istilah ini dikenal juga dengan sebutan patungan.

Ternyata metode split bill ini sudah ada sejak tahun 1960 di Amerika Serikat. Metode ini menjadi budaya di sana karena mekanisme pembayarannya yang terbilang adil. Di lain sisi, budaya Amerika di tahun tersebut, laki-laki cenderung memaksa kepada perempuan untuk membayar makanan mereka. Dari kebiasaan inilah kemudian muncul metode pembayaran tersebut.

Bagi beberapa kalangan, metode memecah tagihan atau split bill ini mungkin masih cukup aneh. Namun jangan khawatir, kamu tetap bisa menggunakan sistem ini dengan etika yang tepat, baik dalam pacaran maupun pertemanan.

Berikut ini etika mengaplikasikan split bill yang bisa kamu aplikasikan:

• Bicarakan baik-baik soal urusan bayar-bayaran.
• Sampaikan secara to the point bahwa pembayaran akan diproses menggunakan split billagar tidak rebutan bayar di depan kasir.
• Katakan kalau kamu tidak sedang membawa uang cash. Kemudian minta untuk melakukan pemecahan sistem pembayaran agar teman atau pacar kamu mengerti.
• Kamu juga bisa memilih restoran yang sudah menerapkan sistem pembayaran di depan. Dengan begitu, kamu bisa langsung menggunakan metode pembayaran tersebut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya