SOLOPOS.COM - Komika Babe Cabita. (Instagram @babecabiita)

Solopos.com, SOLO-Komika Babe Cabita meninggal dunia karena diagnosis anemia aplastik, agar tidak terlambat kenali gejala penyakit tersebut. Simak ulasannya di info sehat ini.

Kabar duka itu disampaikan salah satu rekan seprofesinya Marshel Widianto di akun Instagramnya. Marshel yang mengunggah foto bersama sahabatnya itu menuliskan caption unggahannya.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Rest in pride abang Babeku sayang,” tulis Marshel dikutip dari Instagramnya pada Selasa (9/4/2024).

Pemain film Agak Laen, Oki Rengga juga mengunggah kabar duka tersebut.  “Innalillahi Wa Inna Ilaihi Raaji’un Telah meninggal Anak, Adik, Suami, Ayah Kami, Priya Prayogha Pratama Bin Irsyad Tanjung (Babe Cabita) Hari ini 9 April 2024 Pukul 06.38 WIB di RS Mayapada Lebak Bulus Jakarta Selatan,” tulis Oki.

Sebelum tahu gejalanya, ketahui dulu apakah penyebab anemia aplastik? Anemia aplastik adalah penyakit yang muncul saat tubuh berhenti memproduksi cukup sel darah baru. Anemia aplastik berkembang sebagai akibat kerusakan sumsum tulang.

Dikutip dari Bisnis.com pada Selasa (9/4/2024), kerusakan sumsum tulang belakang bisa terjadi setelah paparan radiasi, kemoterapi, bahan kimia beracun, obat tertentu, atau infeksi. Gejala yang sering muncul sangat sederhana yakni kelelahan, detak jantung cepat, dan pendarahan.

Adapun penanganan anemia aplastik dapat mencakup pengobatan, transfusi darah, dan transplantasi sel induk.

Kenali beberapa gejala ringan dan berat anemia aplastik sebagai berikut:

– Sakit kepala
– Pening
– Mual
– Napas pendek
– Memar-memar di kulit
– Kurang berenergi atau mudah lelah
– Warna kulit terlihat pucat
– Darah dalam tinja
– Mimisan
– Gusi berdarah
– Demam
– Pembesaran hati atau limpa
– Sariawan mulut

Gejala anemia aplastik bisa menyerupai jenis anemia lain atau masalah kesehatan lain sehingga diperlukan pemeriksaan dokter untuk memastikan diagnosis.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Kenali 13 Gejala Penyakit Anemia Aplastik yang Diderita Babe Cabita

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya