SOLOPOS.COM - Ilustrasi mendengarkan musik saat olahraga. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Berikut ini manfaat mendengarkan musik saat berolahraga menurut penjelasan ahli. Berolahraga merupakan aktivitas yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga tubuh tetap sehat. Simak ulasannya di tips kesehatan ini agar Anda semakin semangat berolahraga.

Seseorang mungkin akan mencoba berbagai cara untuk membuat aktivitas olahraga menjadi menarik untuk dilakukan. Salah satu cara yang biasa dilakukan untuk membuat olahraga menjadi menarik ialah mendengarkan musik. Ketika seseorang mendengarkan musik favoritnya secara tiba-tiba mereka seperti mendapat dorongan semangat.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Mendengar musik saat berolahraga tak hanya bisa menghilangkan rasa bosan yang muncul, namun juga meningkatkan stamina dan suasana hati.

Dilansir dari healthshots.com pada Minggu (21/4/2024), terdapat beberapa manfaat dari mendengarklan musik saat berolahraga seperti dijelaskan oleh Image Consultant serta Pelatih Soft Skills dan Kehidupan dari Dehradun Jaisleen Kaur :

1. Musik mendukung kesatuan tubuh dan ketukan musik

“Musik dikenal memiliki kualitas yang unik. Ia memiliki kemampuan untuk disatukan dengan gerakan tubuh kita. Dikenal sebagai rhythmic entrainment, fenomena ini terjadi ketika gerakan kita sejajar dengan tempo musik,” kata dia.

Melatih tubuh ke ritme meningkatkan efisiensi energi, meningkatkan daya tahan dan kinerja secara keseluruhan. Saat irama memandu langkah seseorang, latihannya menjadi bukan hanya usaha fisik tetapi tarian ritmis dari tubuh dan melodi.

2. Otak merespons musik

Manfaat lain mendengarkan musik saat olahraga yaitu otak merespons musik. Di balik layar, otak kita merespons musik dengan melepaskan dopamin, neurotransmitter yang menimbulkan kesenangan. Pelepasan dopamin ini menciptakan rasa senang dan penghargaan serta mengurangi upaya dan ketidaknyamanan yang dirasakan selama berolahraga.

Hasilnya adalah peningkatan kegembiraan dan motivasi akan membantu mengatasi tantangan dan mencapai tingkat kebugaran baru.

3. Musik mengalihkan perhatian dari kelelahan

Latihan fisik yang melelahkan dapat terasa melelahkan dan mungkin merasa lebih lelah daripada menyenangkan. Musik dapat bertindak sebagai distraksi yang efektif dari perasaan kelelahan dan rasa sakit. Dengan menarik perhatian, musik mengalihkan fokus dari ketidaknyamanan fisik, membuat latihan terasa kurang berat. Efek pengalihan ini memungkinkan individu untuk bertahan lebih lama dan terlibat dalam aktivitas yang lebih intens, mengubah latihan yang berat menjadi pengalaman yang menyenangkan.

4. Memberikan motivasi

Manfaat lainnya mendengarkan musik saat olahraga yaitu memberikan motivasi. Musik dapat mengingatkan seseorang dengan emosi yang kuat dan memori. Ketika sebuah lagu menimbulkan reaksi emosional, ia meningkatkan motivasi dan kerja keras.

Emosi positif yang dihasilkan oleh musik meningkatkan keyakinan dan kepercayaan diri, menguatkan seseorang untuk menetapkan dan mencapai tujuan kebugaran yang lebih tinggi. Hubungan emosional dengan musik mengubah latihan dari tugas rutinitas menjadi perjalanan yang personal dan memotivasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya