SOLOPOS.COM - Ilustrasi sakit perut. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Kenali penyebab maag akut seperti diidap musikus Ardhito Pramon. Bahkan gara-gara penyakit tersebut, pelantun Sudah itu jatuh pingsan saat tengah bernyanyi di  panggung. Agar lebih peduli terhadap kesehatan pencernaan, simak ulasannya di info sehat kali ini.

Melalui akun Instagram pribadinya, Ardhito Pramono mengaku kondisinya sudah mulai membaik.  “Ternyata selama ini saya mengidap maag akut yang membuat insiden yang kurang mengenakkan semalam,” tulis Ardhito Promono dalam fitur Instastory di akun pribadinya, @ardhitopramono, Minggu (12/2/2023).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Sebelum mengulas lebih lanjut mengenai masalah pencernaan ini, sebaiknya pahami dulu kalau maag sebenarnya bukanlah penyakit khusus. Ya, maag atau dikenal dengan istilah medis dispepsia hanyalah sebutan yang digunakan untuk menunjukkan sekumpulan gejala yang menyerang sistem pencernaan.

Maag akut dapat diartikan sebagai gejala maag yang timbul secara mendadak dan berlangsung singkat, namun intensitas nyerinya langsung kuat. Berbeda dengan maag kronis yang mungkin sudah pernah muncul beberapa waktu sebelumnya dan bisa kambuh kapan saja. Gejalanya pun berlangsung dalam waktu cukup lama, dapat muncul dan hilang seiring waktu.

Nah, maag itu sendiri bisa disebabkan oleh beragam penyakit berbeda. Meliputi GERD atau refluks asam lambung, radang lambung (gastritis), irritable bowel syndrome (IBS), tukak lambung, dan infeksi perut.

Dari berbagai penyakit penyebab maag tersebut, hanya gastritis yang bisa dibedakan menjadi kronis dan akut. Artinya, maag akut yang Anda alami sebenarnya adalah gejala dari peradangan pada lambung (gastritis) akut.

Menurut Cleveland Clinic, gastritis akut adalah penyakit pencernaan yang sangat umum terjadi, dan ini menandakan bahwa gejala maag akut juga umum dialami.

Jenis maag ini terjadi ketika lapisan lambung melemah sehingga memicu timbulnya iritasi karena peningkatan jumlah asam. Beberapa hal berikut ini yang bisa jadi penyebab maag akut karena iritasi pada lapisan lambung akibat gastritis seperti dikutip dari hellosehat.com pada Minggu (12/2/2023):

1. Terlalu sering minum obat antinyeri

NSAID adalah non-steroid anti-inflamasi. Meski berperan dalam mengatasi nyeri, tapi sebaiknya hati-hati saat minum obat ini. Pasalnya, kelewat rutin minum obat NSAID dalam jangka waktu lama bisa mengarah pada timbulnya iritasi lambung. Aspirin, ibuprofen, dan naproxen adalah contoh obat-obatan NSAID.

2. Infeksi bakteri

Infeksi bakteri Helicobacter pylori atau H. pylori yang masuk ke dalam tubuh bisa jadi penyebab maag akut karena gastritis. Bakteri ini bisa datang dari makanan, air minum, air liur, dan hal lainnya yang telah terkontaminasi.  Selain bakteri, berbagai virus, jamur, cacing, dan parasit lainnya juga dapat mengakibatkan munculnya infeksi.

3. Cairan empedu masuk ke lambung

Normalnya, cairan yang dihasilkan oleh empedu seharusnya tidak masuk ke dalam lambung. Namun ketika kondisi ini terjadi, lapisan lambung bisa mengalami iritasi. Akhirnya, Anda akan merasakan gejala maag mendadak yang disebabkan oleh gastritis.

4. Minum alkohol berlebihan

Terlalu banyak minum alkohol memang selalu dikaitkan dengan risiko kesehatan setelahnya. Dalam hal ini, minum alkohol berlebihan juga dapat berujung pada gastritis yang kemudian mengarah pada maag.

5. Alergi, intoleransi, dan keracunan makanan

Punya alergi, serta mengalami intoleransi dan keracunan makanan bisa menimbulkan iritasi serta peradangan pada lambung. Kondisi inilah yang kemudian akan menimbulkan gastritis akut, sehingga berkembang menjadi maag.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya