SOLOPOS.COM - Ilustrasi sakit perut. (Freepik.com)

Solopos.com. SOLO-Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM melalui unggahan di akun Instagram-nya pada Senin (13/2/2023) malam menjelaskan penyebab penderita maag bisa sampai pingsan seperti musikus Ardhito Pramono. Untuk lebih peduli terhadap kesehatan pencernaan, simak ulasannya di info sehat kali ini.

Sebagaimana diketahui Ardhito Pramono tak sadarkan diri saat tampil di sebuah acara di Medan, Sumatra Utara, beberapa waktu lalu. Belakangan diketahui bahwa pelantun Superstar itu mengidap maag akut.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Ternyata selama ini saya mengidap maag akut yang membuat insiden yang kurang mengenakan semalam,” tulis Ardhito Pramono dalam Instagram @ardithopramono, Minggu (12/2/2023).

Menurut Ari para penderita maag bisa mengalami rasa nyeri yang hebat bahkan hingga membuat mereka pingsan seperti dialami Ardhito Pramono.  “Apakah orang sakit maag itu ketika mengalami serangan sampai bisa sedemikian sakitnya dan tidak sadarkan diri? Jawabannya bisa,” kata Ari yang merupakan dokter penyakit dalam subspesialis konsultan gastroenterologi dan hepatologi itu dikutip dari Antara pada Selasa (14/2/2023).

Ari memaparkan, kondisi peningkatan asam lambung yang berlebihan tentu akan menyebabkan gangguan pada lambung. Apalagi jika sudah terdapat luka pada lambung penderita sehingga peningkatan asam lambung akan menyebabkan rasa tidak nyaman yang luar biasa.

“Dan sebagian juga pasien-pasien tersebut bisa juga mengeluh merasa sesak napas, susah bernapas, kenapa? Karena memang asam lambung itu bisa saja naik ke atas reflux yang kita bilang dengan GERD,” imbuh dia.

Kondisi peningkatan asam lambung membuat penderita tidak nyaman yang semakin parah apabila ditambah mengalami stres dan kelelahan serta lambung dalam keadaan kosong. Menurut Ari, produksi gas lambung juga mungkin saja meningkat yang menyebabkan rasa begah luar biasa sehingga penderita kesulitan untuk bernapas.

“Bagaimana menyiasatinya? tetap tenang. Kalau memang ada obat penekan asam lambung silakan dikonsumsi atau obat-obat seperti antasida juga bisa digunakan untuk mengatasi kondisi tersebut,” kata Ari.

Melalui laman Instagramnya, Ardhito Pramono sebagai penderita maag juga membagikan keluhan yang akhirnya membuatnya pingsan di panggung.  “Rasa perih yang luar biasa di ulu hati dan menjalar sampai dada yang sakitnya seperti ditusuk menembus sampai pundak seketika membuat saya terjatuh saat menutup penampilan kami di Medan,” tulis Ardhito.

Penyanyi itu pun mengingatkan kepada para penggemar dan orang muda lainnya untuk menyadari pentingnya menjaga kesehatan dari sekarang juga.

“Saya kini sedang dalam proses penyembuhan dan keadaan saya sudah cukup membaik. Terima kasih banyak kepada keluarga dan teman-teman yang sayang diri saya lebih dari saya menyayangi fisik saya sendiri,” kata Ardhito.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya