SOLOPOS.COM - Ilustrasi takaran gula. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari diabetes, sebaiknya perhatikan takaran konsumsi gula per hari sesuai usia. Konsumsi gula yang cukup dapat memberi energi pada tubuh, namun jika berlebihan akan berdampak buruk pula. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Mengonsumsi gula secara berlebihan dikaitkan dengan berbagai penyakit yang harusnya dapat dicegah. Gula memberikan kalori pada tubuh tanpa memberikan nutrisi dan ini juga dapat merusak metabolisme dalam jangka panjang.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Lantas demikian,  berapa banyak gula yang harus dikonsumsi? Bolehkah mengonsumsi gula dalam jumlah kecil setiap hari, atau haruskah menghindarinya sebisa mungkin?

Dikutip dari alodokter.com pada Selasa (23/1/2024) terdapat acuan konsumsi gula berdasarkan usia untuk mencapai kesehatan tubuh yang maksimal. Asupan gula yang diperbolehkan hanyalah 5% dari kebutuhan kalori harian. Hal ini berlaku untuk orang dewasa  maupun anak-anak.

Berikut ini takaran konsumsi gula per hari sesuai usia:

Dewasa: tidak lebih dari 30 gram (7 sendok teh) per hari
Anak-anak 7–10 tahun:  tidak lebih dari 24 gram (6 sendok teh) per hari
Anak-anak 2–6 tahun:  tidak lebih dari 19 gram (4 sendok teh) per hari

Setelah mengetahui takaran konsumsi gula per hari sesuai usia, penting juga membedakan tambahan gula dengan gula alami.   Dikutip dari healthline.com pada Selasa (23/1/2024) bahwa sangatlah penting membuat perbedaan antara gula tambahan dan gula yang sudah terbentuk secara alami pada makanan, seperti pada buah-buahan serta sayuran.

Makanan-makanan tersebut mengandung air, serat, dan berbagai mikronutrien. Gula yang telah terbentuk secara alami tentu saja sangat aman, tapi hal berbeda dengan apabila menambahkan gula.

Berdasarkan American Heart Association (AHA), maksimum dari jumlah gula tambahan yang dianjurkan sebagai berikut:

Laki-laki: 150 kalori per hari (37.5 gram atau 9 sendok teh)
Perempuan     : 100 kalori per hari (25 gram atau 6 sendok teh)

Untuk lebih jelasnya, satu kaleng soda 335 ml mengandung 140 kalori gula, sedangkan Snickers ukuran regular mengandung 120 kalori gula.  Jika Anda adalah seseorang yang sehat dan aktif, hal diatas merupakan rekomendasi yang beralasan. Anda mungkin akan membakar semua jumlah gula tersebut tanpa menimbulkan bahaya untuk Anda. Meski begitu, tetap penting utuk dicatat bahwa tak perlu menambahkan gula pada diet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya