SOLOPOS.COM - Ilustrasi gosok gigi. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Agar terhindar dari bau mulut saat menjalankan ibadah puasa sebulan penuh di Bulan Ramadan, sebaiknya ketahui kapan waktu yang tepat untuk gosok gigi.  Bau mulut menjadi salah satu persoalan yang kerap dihadapi saat puasa Ramadan.

Dokter gigi Ebadullah Shafi mengatakan, hal tersebut salah satunya disebabkan oleh produksi asam berlebih saat perut kosong. “Ditambah godaan pilihan makanan manis dan berminyak selama sahur dan buka puasa mengakibatkan ketidakseimbangan flora di dalam rongga mulut,” kata drg. Ebadullah Shafi seperti dikutip dari Gulf News dan dilansir Bisnis.com, Selasa (19/4/2022).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Untuk mengatasi problem bau mulut yang muncul saat puasa, Anda harus tahu kapan waktu yang tepat untuk gosok gigi? Asisten Profesor Divisi Ortodontik Imam Abdulrahman Bin Faisal University, Suliman Shahin mengatakan sikat gigi sebaiknya dilakukan setelah makan sahur dan setelah buka puasa.

Baca Juga: Gosok Gigi di Siang Hari Saat Puasa Ramadan, Makruh atau Dianjurkan?

Di sisi lain, jangan lupa untuk memilih sikat gigi yang berbulu lembut guna mencegah kerusakan lapisan gigi.  Tak kalah penting, pilih pula makanan rendah gula dan sebisa mungkin hindari makanan yang terlalu manis, seperti permen.

Meski berpuasa, penting sekali tetap menjaga kesehatan mulut dan gigi. Mengutip laman www.tanyapepsodent.com, Selasa (19/4/2022), pastikan kamu menyikat gigi 30 menit selepas sahur dan sebelum tidur malam.

Namun alih-alih ingin bebas dari bau mulut, terlalu sering menyikat gigi saat puasa justru tidak diperbolehkan. Hal ini karena dikhawatirkan akan ada pasta dan air yang tidak sengaja masuk ke tenggorokan atau bahkan tertelan walau hanya sedikit. Itulah sebabnya, penting bagi kamu untuk tahu waktu dan frekuensi yang tepat untuk menggosok gigi saat puasa Ramadan. Hal ini dilakukan semata-mata agar ibadah puasa yang kamu jalani dapat berjalan dengan lebih maksimal.

Baca Juga: Apakah Boleh Pakai Lipstik Saat Puasa? Ini Hlo Hukumnya!

Kebanyakan para ulama menyarankan bagi orang yang berpuasa untuk menyikat gigi terlebih dahulu sebelum waktu Imsak datang atau setelah buka puasa. Jika dalam keadaan sangat mendesak sehingga diharuskan sikat gigi di siang hari saat puasa, kamu cukup menggunakan kayu siwak atau menyikat gigi tanpa menggunakan pasta.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya