SOLOPOS.COM - Ilustrasi penduduk beragama Islam. (Dok. Solopos.com)

Solopos.com, SOLO — Jadwal dan niat puasa ayyamul bidh pada November 2023 wajib diketahui umat Islam lantaran puasa sunah satu ini memiliki keutamaan yang baik.

Puasa ayyamul bidh merupakan salah satu puasa sunah yang dilaksanakan selama tiga hari setiap bulan Hijriah. Ibadah sunah satu ini dilaksanakan selama tiga hari saat bulan purnama, yakni 13, 14, dan 15 Hijriah.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Dengan melaksanakan puasa tiga hari setiap bulan Hijriah, umat muslim bakal memperoleh keutamaan seperti puasa sepanjang tahun. Hal tersebut berdasarkan pendapat Imam as-Subki dan ulama lainnya, yang Solopos.com kutip dari laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online).

“Diriwayatkan dari Abu Dzar ra, sungguh Nabi saw bersabda: ‘Siapa saja yang berpuasa tiga hari dari setiap bulan, maka puasa tersebut seperti puasa sepanjang tahun. Kemudian Allah menurunkan ayat dalam kitabnya yang mulai karena membenarkan hal tersebut: ‘Siapa saja yang datang dengan kebaikan maka baginya pahala 10 kali lipatnya’ [QS al-An’am: 160]. Satu hari sama dengan 10 hari’.”

Lalu, kapan jadwal puasa ayyamul bidh pada November 2023 dan apa bacaan niatnya?

Berdasarkan kalender Hijriah yang ada di situs resmi Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama, tanggal 13, 14, 15 Jumadil Awal 1445 H jatuh pada:

  • 13 Jumadil Awal 1445 H: Senin, 27 November 2023.
  • 14 Jumadil Awal 1445 H: Selasa, 28 November 2023.
  • 15 Jumadil Awal 1445 H: Rabu, 29 November 2023.

Setelah mengetahui jadwal puasa ayyamul bidh Oktober 2023, berikut ini niat yang bisa dibaca umat muslim.

Nawaytu shauma ayyamil bidl lillahi ta’alaa.

Artinya: Saya niat puasa ayyamul bidh (hari-hari yang malamnya cerah) karena Allah ta’ala.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya