SOLOPOS.COM - Ilustrasi jalan kaki. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Jalan kaki merupakan olahraga paling sehat, simak alasannya berikut ini. Untuk menjaga kesehatan tubuh sekaligus berat badan tetap ideal, simak ulasannya di info sehat kali ini.

Jalan kaki adalah bentuk olahraga sederhana namun sangat efektif yang memberikan segudang manfaat kesehatan eksklusif, yang berdampak pada kesejahteraan fisik dan mental.

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Dilansir dari Timesofindia, menjalankan rutinitas berjalan kaki secara teratur ke dalam gaya hidup Anda dapat berkontribusi pada kesehatan, kebugaran, dan umur panjang secara keseluruhan.

Berikut alasan jalan kaki jadi olahraga paling sehat dikutip dari Bisnis.com pada Minggu (28/1/2024):

1. Menjaga jantung tetap sehat

Jalan kaki adalah latihan kardiovaskular yang membuat jantung Anda terpompa dan darah mengalir ke seluruh tubuh. Aktivitas kardiovaskular yang teratur ini memperkuat jantung, meningkatkan efisiensinya dalam memompa darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.  Ini membantu menjaga tingkat tekanan darah yang sehat dan mendukung kesejahteraan kardiovaskular secara keseluruhan.

2. Meningkatkan metabolisme

Alasan berikutnya kenapa jalan kaki adalah olahraga paling sehat adalah karena secara alami dan mudah untuk mengatur berat badan. Meskipun mungkin tidak membakar kalori sebanyak olahraga intensitas tinggi, konsistensi berjalan kaki membantu menciptakan defisit kalori, membantu penurunan atau pemeliharaan berat badan.

Selain itu, jalan kaki meningkatkan metabolisme, membantu tubuh menggunakan dan membakar kalori secara efisien sepanjang hari.

3. Menjaga kesehatan sendi dan tulang

Berbeda dengan olahraga berdampak tinggi, jalan kaki merupakan aktivitas berdampak rendah yang lembut pada persendian. Jalan kaki yang teratur dapat membantu mencegah masalah persendian dan meringankan nyeri sendi yang ada.

Aktivitas menahan beban seperti berjalan kaki juga berkontribusi dalam menjaga dan meningkatkan kepadatan tulang, mengurangi risiko osteoporosis dan patah tulang.

4. Meningkatkan pencernaan

Berjalan membantu pencernaan dengan mendorong pergerakan makanan secara teratur melalui saluran pencernaan. Hal ini dapat membantu mencegah sembelit dan masalah pencernaan lainnya, sehingga berkontribusi terhadap sistem pencernaan yang sehat dan berfungsi dengan baik. Gerakan berjalan yang berirama juga dapat mengurangi gejala gangguan pencernaan dan kembung.

5. Meningkatkan kapasitas paru-paru

Melakukan jalan cepat meningkatkan fungsi pernapasan dengan meningkatkan kapasitas paru-paru. Nafas yang lebih dalam saat jalan cepat memperkuat otot pernapasan dan meningkatkan efisiensi pertukaran oksigen di paru-paru. Hal ini dapat bermanfaat khususnya bagi individu dengan kondisi pernafasan seperti asma.

6. Mengurangi stres

Jalan kaki memiliki dampak besar pada kesehatan mental. Ini merangsang pelepasan endorfin, penguat suasana hati alami tubuh, sehingga meningkatkan suasana hati dan mengurangi tingkat stres. Sifat berjalan yang meditatif dan berirama dapat bertindak sebagai bentuk perhatian, meningkatkan relaksasi dan mengurangi gejala kecemasan dan depresi.

7. Meningkatkan kualitas tidur

Alasan lain mengapa jalan kaki termasuk olahraga paling sehat karena bisa meningkatkan kualitas tidur. Aktivitas fisik yang teratur, termasuk berjalan kaki, dikaitkan dengan kualitas tidur yang lebih baik. Kelelahan alami yang disebabkan oleh aktivitas fisik dapat membantu Anda tertidur lebih cepat dan menikmati tidur yang lebih nyenyak. Menetapkan rutinitas jalan kaki yang konsisten dapat membantu mengatur pola tidur dan meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan.

8. Baik bagi penderita diabetes

Jalan kaki memainkan peran penting dalam mengelola kadar gula darah. Ini meningkatkan sensitivitas insulin, memungkinkan sel merespons insulin dengan lebih baik dan memfasilitasi penyerapan glukosa dari aliran darah. Hal ini menjadikan jalan kaki sebagai komponen yang berharga dalam pengelolaan diabetes dan tindakan pencegahan bagi mereka yang berisiko terkena kondisi tersebut.

9. Memperbaiki postur tubuh

Jalan kaki meningkatkan postur tubuh yang baik dan memperkuat otot inti. Mempertahankan postur tegak saat berjalan akan melatih otot perut dan punggung, sehingga berkontribusi terhadap kekuatan inti. Postur tubuh yang lebih baik tidak hanya meningkatkan penampilan fisik tetapi juga mengurangi risiko sakit punggung dan ketidaknyamanan.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Ini Alasan Jalan Kaki Olahraga Paling Sehat

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya