SOLOPOS.COM - Ritual cukur rambut gimbal di Dataran Dieng, Wonosobo. (Istimewa/disparbud.wonosobokab.go.id)

Solopos.com, SOLO – Masyarakat Jawa Tengah yang hobi jalan-jalan, berwisata, traveling maupun healing, berikut daftar 10 event unggulan di Jawa Tengah yang bisa dikunjungi tahun ini.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata menyebutkan sebenarnya ada sekitar 245 event yang terhimpun hingga akhir tahun 2023, namun 10 event di antaranya merupakan event unggulan.

Promosi Kirana Plus, Asuransi Proteksi Jiwa Inovasi Layanan Terbaru BRI dan BRI Life

Penasaran pengin tahu event apa aja dan di mana tempatnya? Simak informasinya berikut ini.

1.DUGDERAN
Event ini sudah berlangsung pada 17 Maret 2023 lalu di Kota Semarang. Sebagai informasinya aja, Dugderan adalah tradisi jelang Ramadan di Kota Semarang sejak tahun 1881.

Istilah Dugderan berasal dari bunyi bedug dan dentum meriam. Saat ini, Dugderan dikemas dalam bentuk karnaval yang dimeriahkan dengan pertunjukan seni budaya.

2. SOLO MENARI
Event ini juga sudah berlangsung padas 29 April 2023 di Balai Kota Solo. Solo Menari 2023 digelar dalam rangka Hari Tari Sedunia, yang telah berlangsung sejak 2009. Event ini menampilkan pertunjukan tari karya koreografer nasional dan internasional.

3. MORO BOROBUDUR
Nah, event yang satu ini akan diselenggarakan pada 15-16 Juli 2023 di Taman Lumbini Candi Borobudur, Kabupaten Magelang. Moro Borobudur merupakan festival seni musikal kontemporer, musik pop Jawa dan Indonesia sejak tahun 2020.

Moro Borobudur berarti ‘Datang ke Borobudur’ mengajak wisatawan untuk menikmati seni dan tradisi di sekitar Borobudur serta didukung hiburan musik yang memikat.

4. SOLO KERONCONG FESTIVAL
Solo Keroncong Festival (SKF) tahun ini akan digelar pada 22-23 Juli 2023 dengan lokasi di Pamedan Mangkunegaran, Kota Solo.

Kota Solo dikenal dengan karya-karya lagu keroncong yang diciptakan penyair daerah. Solo Keroncong Festival hadir sejak tahun 2009 dan semakin meneguhkan Kota Solo sebagai Kota Keroncong. Tahun 2023, SKF hadir dengan tema “Keroncong Murni Selalu di Hati”. Masyarakat bisa menyaksikan penampilan keren musisi keroncong dari dalam dan luar negeri.

5. FESTIVAL ARAK-ARAKAN CHENG HO
Event menarik berikutnya yaitu Festival Arak-arakan Cheng Ho, yang akan diselenggarakan pada 19-20 Agustus 2023 di Klenteng Sam Poo Kong, Kota Semarang.

Festival ini sebagai bentuk peringatan kedatangan Laksamana Cheng Ho ke Semarang 618 tahun lalu. Acara dimulai dengan kirab membawa patung Dewa dari Klenteng Tay Kak Sie menuju Klenteng Sam Poo Kong. Festival ini juga dimeriahkan dengan pertunjukan kesenian tradisional perpaduan budaya Tionghoa dan Jawa.

6. DIENG CULTURE FESTIVAL
Event berkelas ini akan digelar 25-27 Agustus 2023 mendatang di Kompleks Candi Arjuna, Kabupaten Banjarnegara. Dieng Culture Festival adalah festival berkelas yang memadukan keindahan alam dengan keunikan budaya serta tradisi di dataran tinggi Dieng.

Dieng Culture Festival menyuguhkan pertunjukan musik jaz di atas awan di tengah suhu dingin, penerbangan lampion, kembang api, pameran UMKM, ragam kesenian tradisional. Puncaknya adalah ritual pencukuran rambut gimbal anak gembel Dieng.

7. JAVA BALLOON ATTRACTION
Event balon ini rencananya diselengarakan pada 26-27 Agustus 2023 bertempat di Taman Rekreasi Kalianget, Kabupaten Wonosobo.

Tradisi udara tradisional ini adalah balon udara berukuran besar dengan motif beragam dan berwarna-warni. Balon-balon tersebut diterbangkan secara bergantian atau bersamaan. Event ini juga dimeriahkan dengan pertunjukan seni budaya, bazar umkm, dan lomba-lomba berbasis budaya dan ekraf.

8. SOLO INTERNATIONAL PERFORMING ARTS (SIPA)
Seniman dari dalam dan luar negeri bakal mengisi acara yang akan diselenggarakan 31 Agustus–2 September 2023 di Benteng Vastenburg, Kota Solo.

Solo International Performing Arts atau SIPA adalah gelaran mahakarya seni pertunjukan meliputi seni musik, tari, drama, dll. Gelaran spektakuler ini diikuti oleh para seniman dari dalam maupun luar negeri. SIPA mulai digelar sejak tahun 2013.

9. FESTIVAL KOTA LAMA SEMARANG
Masih ada banyak waktu untuk berkunjung ke Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah ini, karena acara akan digelar pada 7-17 September 2023 di kawasan Kota Lama, Semarang.

Festival Kota Lama merupakan event tahunan yang diadakan sejak tahun 2012 dengan mengusung tema Kuno, Kini, Nanti. Pengunjung dapat menikmati nostalgia Pasar Sentiling dengan pameran kuliner legendaris. Tidak hanya itu, Festival Kota Lama bakal dimeriahkan dengan hiburan musik, fashion show, pameran klitikan, dll.

10. FESTIVAL PAYUNG INDONESIA
Masih cukup banyak waktu bagi masyarakat yang ingin menyaksikan acara ini. Festival Payung Indonesia untuk rencananya digelar 8-10 September 2023 di Pura Mangkunegaran.

Festival Payung Indonesia menampilkan segudang kreasi dan serba-serbi payung dari Indonesia dan mancanegara. Tak hanya menikmati cantiknya ribuan payung, tetapi juga menyaksikan pameran, pertunjukan seni, dan berbelanja di Pasar Kreatif yang menyediakan barang fesyen, kriya, dan kuliner.

Nah itulah 10 event unggulan Pemprov Jateng yang akan diselenggarakan sepanjang tahun 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya