SOLOPOS.COM - Kelelahan berkepanjangan tak selalu berarti gejala Covid-19 (Freepik)

Solopos.com, SOLO –Kelelahan tidak hanya disebabkan karena kurang istirahat, namun juga karena berbagai faktor termasuk Covid-19. Sebab, banyak orang-orang yang terinfeksi virus Covid-19 dan menunjukkan gejala ringan dilaporkan bisa mengalami kelelahan jangka panjang.

Melansir dari suara.com, belum lama ini kelelahan yang luar biasa, palpitasi, hingga nyeri otot dilaporkan sebagai efek setelah terinfeksi virus. Sekitar 10% dari 3,9 juta orang yang berkontribusi pada aplikasi Covid Symptom Study, memiliki efek yang bertahan lebih dari empat pekan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Namun, bukan berarti jika mengalami kelelahan lebih dari biasanya maka kalian mengidap Covid-19. Banyak hal yang dapat menyebabkan energi terkuras dan kalian hanya perlu tahu bagaimana menentukan kemungkinan itu.

Melansir dari liputan6.com, Kamis (5/11/2020), perhatikan hal berikut untuk mengetahui kelelahan kalian pertanda Covid-19 atau bukan.

Okupansi Hotel Bintang 3 Di Solo Paling Melejit

Badan terasa sakit

Salah satu cara untuk mengetahui apakah Covid-19 adalah penyebab kelelahan kalian yang disertai gejala lain seperti tubuh terasa nyeri. Andrew Varga, MD, ahli saraf dan dokter di Mount Sinai Integrative Sleep Center, menambahkan jika mendapatkan lebih banyak gejala lain, yang bukan hanya kelelahan tapi ditambah nyeri tubuh, ditambah batuk dan demam, itu mengkhawatirkan.

Tidak bisa berpikir jernih

Kalau kalian tidak hanya merasa lelah, namun juga tidak bisa berpikir jernih, ini perlu dikhawatirkan. Ahli paru di Cleveland Clinic, Joseph Khabbaza, MD, mengatakan bahwa beberapa bentuk otak yang terasa berkabut relatif sering ditemukan pada pasien, bahkan pada mereka dengan kasus COVID-19 yang lebih ringan.

Cegah Persebaran Covid-19, Ubah Paradigma Berlibur

Tidak memiliki nafsu makan

Dalam kasus Covid-19 yang lebih parah, Khabbaza mengatakan pasien sering mengalami delirium yang lebih serius yang menyertai kelelahan mereka. Katanya, ini mungkin akibat dari kurangnya nafsu makan. Gejala ini juga yang dapat membantu membedakan apakah kelelahan kalian disebabkan oleh Covid-19 aytau bukan.

Menurut khabbaza, orang mungkin juga memiliki nafsu makan yang lebih rendah sehingga status nutrisinya mungkin tidak bagus. Mereka mungkin tidur terlalu sedikit atau terlalu banyak, yang dapat dapat berkaitan dan berpengaruh pada pikirannya.

Gejala kelelahan tak seperti biasanya

David Margolius,MD, seorang dokter MetroHealth yang mengelola hotline Covid-19 sistem, mengatakan kepada Cleveland Clinic bahwa jika merasa benar-benar tidak berdaya oleh kelelahan, itu mungkin karena Covid-19. Katanya, Ini lebih merupakan perasaan lesu yang mungkin didapatkan karena flu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya