SOLOPOS.COM - Kuliner khas Timur Tengah, nasi kebuli (Istimewa).

Solopos.com, SOLO-Saat ini di Solo dan sekitarnya banyak kita temui restoran dengan menu masakan Timur Tengah. Di sana kita akan ditawari beberapa jenis nasi yang berbeda, di antaranya nasi kebuli, nasi mandhi, dan nasi biryani.

Masing-masing jenis nasi ini dimasak menggunakan rempah yang banyak. Selain itu, makanan ini juga menggunakan beras khusus yaitu basmati (long premium). Tetapi nasi yang beragam ini memiliki ciri khas masing-masing.

Promosi Video Uang Hilang Rp400 Juta, BRI: Uang Diambil Sendiri oleh Nasabah pada 2018

Yuk, kenali satu-persatu agar kita tidak salah order ketika kita menginginkan salah satu jenis nasi tersebut.

  • Nasi Kebuli

Nasi kebuli menjadi yang paling populer di tengah masyarakat. Nasi ini juga tidak hanya dijual di resto, tetapi peagang kali lima (PKL) pagi di pinggir-pinggir jalan juga banyak yang menjual nasi kebuli untuk sarapan.

Rasanya nikmat saat disajikan dalam keadaan hangat bersama potongan daging kambing atau ayam bakar, serta dilengkapi dengan irisan kurma atau kismis.

Nasi ini punya rasa gurih dan berwarna kekuningan. Rasanya juga lezat yang berasal dari kaldu daging kambing yang dimasak bersamaan dengan minyak samin.

Nasi kebuli juga punya aroma khas yang berasal dari penanakan nasi bersama bahan-bahan tersebut.

Bumbu yang digunakan adalah bawang putih, bawang merah, ketumbar, jintan, cengkeh, lada hitam, pala, dan kayu manis.

Konon, hidangan ini adalah makanan asli Indonesia yang dibuat oleh warga keturunan Arab Saudi. Jadi, tidak heran jika sudah beredar dimana-mana menu dari nasi Kebuli di Tanah Air.

  • Nasi Mandhi

Nasi Mandhi merupakan menu asli Timur Tengah yang berasal dari Yaman. Disajikan dalam piring yang mirip dengan loyang bersama sayuran berisikan potongan kentang, wortel, dan terong.

Rasa nasi mandhi didominasi rempah yang kuat. Dengan menggunakan beras basmati yang memiliki bentuk lebih panjang dan pipih.

Nasi Mandhi ditanak secara tradisional dan dibumbui menggunakan 16 jenis rempah antara lain kapulaga, cengkeh, dan bunga japaron. Warna kuning kecoklatan dan aroma khas yang ada pada nasi mandhi merupakan hasil dari bunga japoran tersebut.

Perpaduan rempah-rempah yang banyak dan cara menanaknya yang khusus menjadikan nasi mandhi ini sangat lezat.

Adapun daging kambing yang biasa disajikan pada nasi mandhi sebelumnya dibaluri aneka rempah yang kemudian diasap dengan menggunakan tungku tradisional.

  • Nasi Biryani

Nasi yang satu ini berasal dari India. Nasi biryani menggunakan beras Basmati dan setelah dimasak dengan cara dan bumbu tertentu nasi briyani berwarna kuning kemerahan. Warna kemerahan ini dihasilkan dari tomat yang dicampurkan bersama nasi ketika ditanak.

Nasi Briyani memiliki rasa yang jauh lebih gurih dan aroma rempah lebih tajam, karena menggunakan rempah-rempah seperti kacang-kacangan, salam koja, ketumbar, daun mint, jahe, dan, bawang bombay.

Pada nasi Briyani juga terdapat bumbu penting yaitu garam masala yang memiliki racikan rempah berupa cengkeh, kapulaga, kayu manis, daun cassia, biji pala, dan fuli.

Setelah membaca ini, kira-kira Anda akan mencoba nasi yang mana dulu, nasi kebuli, nasi mandhi, atau nasi biryani?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya