SOLOPOS.COM - Daging merah memiliki sejumlah manfaat. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Menjelang Hari Raya Iduladha, ketahui sejumlah manfaat daging merah untuk anak. Pada bayi, pemberian protein hewani ini dalam makanan setelah disapih dapat membantu Si Kecil untuk menjembatani kesenjangan nutrisi.  Simak ulasannya di tips parenting kali ini.

Setiap orangtua wajib memberikan yang terbaik untuk memastikan tumbuh-kembang anaknya maksimal. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan asupan nutrisi dari makanan-makanan yang bergizi setiap harinya. Daging merah termasuk dalam makanan bergizi yang perlu untuk diberikan pada anak

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Bayi dan anak-anak berisiko mendapatkan asupan rendah nutrisi yang berbasis daging. Padahal, makanan ini kaya akan kandungan zat besi, zink, dan vitamin D. Daging merah dapat memberikan kontribusi yang signifikan saat diberikan secara rutin pada anak. Segala kandungan nutrisi di dalamnya dapat memastikan tumbuh-kembang pada anak.

Cara ini juga dapat menjaga kesehatan anak agar tidak rentan untuk terserang penyakit. Seorang anak membutuhkan 2–3 porsi protein per hari dan biasanya daging merah yang diberikan adalah daging sapi.

Lalu, apa saja manfaat konsumsi daging merah untuk anak? Berikut jawabannya seperti dikutip dari halodoc.com pada Minggu (25/6/2023):

1. Kaya akan Protein

Manfaat daging merah untuk anak yang pertama adalah sebagai sumber protein lengkap. Makanan ini mengandung sumber asam amino esensial yang penting dan diperlukan oleh tubuh untuk meningkatkan fungsi pikiran dan tubuh. Nutrisi ini juga dapat meningkatkan antibodi dan sistem kekebalan tubuh, sehingga anak tidak mudah terserang penyakit.

2. Mendukung Perkembangan Tulang

Manfaat lain daging merah untuk anak adalah membangun otot yang kuat dan mendukung perkembangan tulang pada buah hati. Protein yang tinggi adalah bahan pembangun otot dan dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan otot anak. Saat anak memiliki otot yang kuat, kekuatan dan daya tahannya dapat meningkat serta mampu menunjang aktivitas harian.

3. Menunjang Perkembangan Otak

Otak adalah salah satu organ yang penting pada tubuh, sehingga perkembangannya wajib dimaksimalkan. Dengan rutin mengonsumsi daging merah, nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat membantu untuk menunjang perkembangan otak anak. Kandungan zat besi pada daging juga berguna untuk memproduksi lapisan pelindung yang mengelilingi saraf pada otak. Kandungan vitamin B6 dan B12 di dalamnya juga dapat meningkatkan daya pikir dan kecerdasan anak.

4. Memberikan Energi yang Tahan Lama

Manfaat daging merah untuk anak lainnya adalah dapat memberikan energi yang lebih tahan lama. Selain itu, makanan ini dapat membantu untuk menstabilkan gula darah pada anak yang ampuh mencegah Si Kecil dari mengidam gula atau tepung. Protein dalam daging sapi juga dapat membuat anak merasa kenyang lebih lama, sehingga anak tidak banyak jajan makanan sembarangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya