SOLOPOS.COM - Ilustrasi meneliti sampel DNA. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Jenazah yang ditemukan di Bendungan Engehalde, Kota Bern, Swiss dipastikan anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) melalui tes DNA, lalu berapakah biaya tes ini jika dilakukan di dalam negeri?

Penemuan jenazah itu membuat sang ibunda Atalia Praratya mengungkapkan rasa syukurnya atas penemuan jasad buah hatinya melalui postingan di akun Instagramnya, @ata_lia, Kamis (9/6/2022) malam. “Alhamdulillah, Allahu Akbar! DNA sudah dinyatakan sama dengan saya..Innalillahi wa inna ilaihi raji’un,” cuitnya.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Tidak sedikit orang enggan melakukan tes DNA lantaran beranggapan biaya tes ini mahal, benarkah anggapan itu? Simak ulasannya di info sehat kali ini.  Tes ini merujuk kepada tes genetik yang dilakukan guna mengidentifikasi perubahan pada gen, kromosom, atau protein dalam tubuh.

Baca Juga: Begini Cara Kerja Tes DNA Seperti untuk Identifikasi Jenazah Eril

Pengujian genetik ini melibatkan pemeriksaan DNA. DNA sendiri adalah asam nukleat yang menyimpan semua informasi tentang genetika dan membawa instruksi untuk fungsi tubuh. DNA inilah yang menentukan jenis rambut, warna kulit, dan sifat-sifat khusus dari manusia.

Untuk apa sajakah manfaat melakukan tes ini? Berikut ini ulasannya seperti dikutip dari hellosehat.com pada Jumat (10/6/2022):

– Mengetahui bila Anda memiliki kondisi penyakit genetik yang diturunkan dalam keluarga,
– Mengetahui apakah janin dalam kandungan memiliki risiko terhadap kelainan genetik,
– Mendiagnosis kondisi genetik yang menjadi dasar kemunculan gejala yang Anda atau anak Anda alami, serta
memahami dan membantu dokter dalam merencanakan pencegahan atau perawatan kanker.

Baca Juga: Gara-Gara Tes DNA Rezky Aditya, Nama Verny Hasan Jadi Sorotan Warganet

Tes ini melibatkan pengambilan sampel tubuh yang nantinya akan diteliti di laboratorium. Hampir seluruh bagian tubuh dapat digunakan untuk sampel tes, tetapi yang paling sering digunakan adalah darah, rambut, air liur, dan kuku.

Kemudian, sampel ini akan dikirim ke laboratorium untuk diamati apakah ada perubahan yang spesifik pada kromosom DNA. Setelah itu, laboratorium akan melaporkan hasil uji secara tertulis kepada dokter atau langsung pada pasien.

Baca Juga: Mengenal Tes DNA Untuk Mengungkap Garis Keturunan

Lamanya hasil tes keluar bergantung pada jenis tes dan fasilitas yang dimiliki oleh laboratorium. Setelah pemeriksaan selesai, biasanya dokter atau ahli genetik akan menghubungi Anda untuk mendiskusikan hasil tes.

Sebelum mengetahui biaya tes DNA, Anda juga perlu memahami bahwa hasilnya bisa negatif atau positif sehingga tidak perlu kecewa. Bila hasil tes DNA positif, berarti perubahan genetik yang ingin diuji telah terdeteksi. Misalnya, Anda memiliki gen anemia sel sabit, maka dokter akan memberi tahu langkah-langkah pencegahan atau pengobatannya.

Bila hasil tes negatif, berarti gen yang bermutasi tidak terdeteksi, atau bisa juga ada perubahan genetik dalam keluarga, tetapi Anda tidak mewarisinya.

Baca Juga: Tes DNA Via Internet Kini Sudah Ada, Mau Coba?

Terkadang, hasil yang keluar menunjukkan ketidakpastian. Pada hasil yang tidak diketahui, belum ada informasi yang cukup mengenai perubahan genetik untuk menentukan apakah hal tersebut normal atau bisa menjadi penyebab penyakit genetik.

Berikut ini biaya tes DNA di rumah sakit dan laboratorium di Jakarta seperti dikutip dari Bisnis.com pada Jumat (10/6/2022):

– Rumah Sakit Mitra Keluarga Kemayoran, Jakarta Pusat : Rp11 juta

– RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat : Rp10 juta

– Cordlife Persada, Jakarta Pusat : Rp8 juta

– Rumah Sakit Bhayangkara Tk. IR. Said Sukanto, Jakarta Timur : Rp7,5 juta

– Global Doctor Indonesia, Jakarta Timur : Rp6,5 juta

Baca Juga: Ikatan Cinta 24 Agustus 2021: Sudah Diperingatkan Al, Nino Tetap Nekat Tes DNA Reyna?

Sementara biaya tes DNA di rumah sakit dan laboratorium luar Jakarta adalah sebagai berikut:



– Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung : Rp9 juta per 3 anggota keluarga (+Rp 1 juta /1 tambahan anggota keluarga)

– Division of Human Genetics Center for Biomedical Research Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang :  Rp8 juta-Rp12 juta

– RSUP Sanglah, Denpasar :  Rp7 juta-Rp8 juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya