SOLOPOS.COM - Rini S Bon Bon semasa hidupnya mengidap diabetes. (Tangkapan layar Youtube Cumicumi)

Solopos.com, SOLO-Diketahui kadar gula darah Rini S Bon Bon sempat mencapai 600 mg/dL, lalu berapakah kadar normal kandungan gula di dalam tubuh ini? Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Sebagaimana diketahui sebelum meninggal dunia, pelawak senior Rini S Bon Bon sempat berjuang melawan diabetes. Diabetes tersebut merupakan penyakit keturunan dari ayahnya, Suhandi.

Promosi Indeks Bisnis UMKM BRI: Ekspansi Bisnis UMKM Melambat tapi Prospektif

Terkait kadar gula darah Rini S Bon Bon yang di atas kadar normal tersebut sempat diungkapkannya di kanal Youtube Cumicumi.  Bahkan kala itu dia sempat divonis untuk diamputasi kakinya. “Saya berpikir kalo sampai saya kehilangan kaki, secara mental saya pasti sudah…waktu itu saya udah sempat stroke, jantung saya tinggal 50 persen, gula darah 600, paru-paru saya terendam air. [Di atas kertas] tidak ada umur saya,” bebernya dikutip dari kanal Youtube Cumicumi pada Senin (11/7/2022).

Baca Juga: Bernyanyi Bisa Bantu Kontrol Gula Darah, Benarkah?

Mengutip laman Siloam Hospitals pada Senin (11/7/2022), menjaga kadar gula darah tetap normal adalah kunci pengobatan dan pengelolaan diabetes secara efektif sekaligus menjadi langkah utama dalam mencegah diabetes. Maka itu, mengetahui informasi kadar gula normal penting bagi masyarakat sebagai upaya menghindari risiko diabetes di kemudian hari

Secara umum, kadar gula darah normal memiliki perbedaan tergantung pada usia seseorang antara lain hal tersebut dapat bervariasi bagi setiap orang tergantung aktivitas fisik, jenis makanan, efek samping obat, dan lainnya. Bagi anak akan cenderung lebih tinggi dan mudah berubah karena perubahan hormon tertentu.

Baca Juga: Diabetes Penyebab Kematian Rini S Bon Bon?

Perubahan kadar gula darah memang dapat terjadi seiring waktu, biasanya dipicu oleh sejumlah faktor tertentu. Penyebab umum kadar gula darah naik antara lain dehidrasi, hormon, stres, penyakit tertentu, dan suhu ekstrem. Sementara penyebab kadar gula darah turun biasanya dikarenakan oleh pola makan tidak teratur (contoh melewatkan waktu makan), serta adanya efek samping obat dan insulin.

Jika tidak dikontrol, kadar gula darah yang terlalu tinggi maupun terlalu rendah dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Gula darah tinggi akan menimbulkan keluhan pada tubuh seperti gangguan penglihatan, infeksi gigi dan gusi, masalah pencernaan, sering buang air kecil, hingga kerusakan saraf dan infeksi kronis pada kaki. Begitu juga jika gula darah terlalu rendah, seseorang dapat mengalami gangguan irama jantung, sulit berkonsentrasi, tubuh gemetar, hilang keseimbangan, lemah, lesu, dan mudah lapar.

Baca Juga: Profil Rini S Bon Bon, Komedian yang Meninggal Karena Diabetes

Berikut ini kadar gula darah normal menurut usia seperti dikutip dari laman Siloam Hospitals:

1. Untuk usia <6 tahun gula darah normal 100-200 mg/dL, gula darah setelah makan dan sebelum tidur 200 mg/dL.

2. Usia 6 tahun-12 tahun 70-150 mg/dL (normal) dan 150 mg/dL (setelah makan dan sebelum tidur).

3. Usia >12 tahun adalah di bawah 100 mg/dL dan <180 mg/dL (setelah makan) serta 100-140 mg/dL (sebelum tidur).

Baca Juga: Nasi Putih Hangat Tingkatkan Gula Darah? Ini Faktanya!

Sementara itu mengutip laman hellosehat.com, Senin, berikut ini merupakan kisaran kadar gula darah yang normal dalam satuan miligram per desiliter (mg/dL):

1. Gula darah puasa (setelah tidak makan selama 8 jam): 70-99 mg/dL.
2. Satu sampai dua jam setelah makan: kurang dari 140 mg/dL.
3. Gula darah sewaktu: kurang dari 200 mg/dL.
4. Gula darah sebelum tidur: 100-140 mg/dL.

Jika melebihi atau di atas rentang tersebut mengindikasikan prediabetes atau diabetes. Prediabetes merupakan kondisi saat gula darah lebih tinggi dari normal, tapi belum tergolong sebagai diabetes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya