SOLOPOS.COM - Ilustrasi Malam Lailatul Qadar. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadan, umat Islam bertanya-tanya kapan malam Lailatul Qadar pada 2023?

Malam Lailatul Qadar merupakan momen istimewa di bulan Ramadan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim karena dipercaya penuh dengan kemuliaan. Bahkan, beribadah di malam tersebut dipercaya lebih baik dibandingkan beribadah di bulan lain.

Promosi Kirana Plus, Asuransi Proteksi Jiwa Inovasi Layanan Terbaru BRI dan BRI Life

Meskipun begitu, tak ada satu pun yang mengetahui kapan malam Lailatul Qadar tiba karena dirahasiakan oleh Allah SWT. Namun, Rasulullah SAW menyebut malam Lailatul Qadar jatuh pada 10 hari terakhir Ramadan.

Akan tetapi, untuk mengetahui kapan malam Lailatul Qadar 2023, terdapat hadis yang menyebut tanda-tanda terjadinya malam mulia tersebut.

Berikut ini enam tanda malam Lailatul Qadar yang Solopos.com kutip dari laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online).

  1. Suasana malam begitu cerah dan terang.
  2. Cuaca malam hari tidak panas dan tidak dingin.
  3. Tidak mendung pada malam hari.
  4. Tidak hujan dan berangin pada malam hari.
  5. Tidak ada bintang berjalan pada malam hari.
  6. Pada siang hari cuaca cerah dan Matahari bersinar, tapi tak terasa panasnya.

Walaupun begitu, NU memprediksi kapan terjadinya malam Lailatul Qadar 2023 berdasarkan kitab I’anatuth Thalibin, Hasyiah al-Jamal, dan Hasyiah al-Bajury.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh NU Online (@nuonline_id)

Karena awal Ramadan 2023 jatuh pada Kamis, tepatnya 23 Maret 2023, malam Lailatul Qadar menurut Imam Al-Ghazali jatuh pada malam ke-25 Ramadan.

Sementara itu, menurut Abu Hasan As-Syadzili menyebut malam Lailatul Qadar jatuh pada malam tanggal ganjil di 10 hari terakhir Ramadan karena awal Ramadan jatuh pada hari Kamis.

Saat malam Lailatul Qadar tiba, umat muslim disunahkan menunaikan beberapa amalan di malam Lailatul Qadar, yakni memperbanyak zikir, berdoa, membaca Al-Qur’an, salat malam, hingga iktikaf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya