SOLOPOS.COM - Ilustrasi Malam Lailatul Qadar. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Kapan umat Islam bisa meraih Malam Lailatul Qadar pada Ramadan 2022 kali ini? Tak dipungkiri, seluruh umat Islam menantikan Malam Lailatul Qadar setiap Ramadan datang.

Lailatul Qadar secara bahasa berarti malam ketetapan. Secara istilah, Lailatul Qadar berarti malam yang memiliki keistimewaan 1.000 bulan dibandingkan malam biasa.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Baca Juga: Mau Mengajari Anak Berpuasa? Begini Caranya

Dalam Alquran Surat Al-Qadr ayat pertama sampai ketiga, Allah berfirman telah menurunkan Alquran pada Malam Lailatul Qadar.

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya [Al Quran] pada lailatul qadar [malam kemuliaan]. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan,” begitu bunyi firman Allah.

Kapan Malam Lailatlul Qadar Terjadi?

Lantas kapan Malam Lailatul Qadar bisa diraih umat Islam? Dikutip dari laman resmi Nahdlatul Ulama, Nu.or.id, Minggu (10/4/2022), Nabi Muhammad SAW mengungkapkan Malam Lailatul Qadar bisa diraih pada malam ganjil 10 hari terakhir Ramadan.

“Dari Aisyah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Carilah Lailatul Qadar pada malam ganjil dalam sepuluh terakhir di Bulan Ramadan’,” begitu bunyi hadis riwayat Bukhari.

Baca Juga: Puasa Rajin Tapi Tak Pernah Salat Tarawih, Begini Hukumnya

Dengan hadis itu, umat Islam seharusnya lebih giat dalam beribadah dan lebih kuat dalam menahan perbuatan maksiat dalam 10 hari terakhir Ramadan. Pasalnya, pahala yang diberikan Allah kepada umat Islam akan berlipat ganda jika dibandingkan dengan hari-hari lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya