SOLOPOS.COM - Ilustrasi minum teh. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Kebiasaan minum teh  setiap hari ternyata memiliki sejumlah dampak negatif terhadap kesehatan tubuh. Apa sajakah? Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Kebiasaan meminum seteh setelah makan banyak digemari oleh siapa saja. Walaupun teh memiliki kandungan kafein yang lebih rendah dibandingkan kopi, jika dikonsumsi secara terus menerus dan berlebihan maka akan menimbulkan beberapa efek samping negatif.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dikutip dari um-surabaya.ac.id, Kamis (2/3/2023), Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK UM Surabaya) Ira Purnamasari menjelaskan selain mengandung kafein, teh juga mengandung tanin. Tanin bersifat antioksidan dan dipercaya dapat menjaga kesehatan tubuh, akan tetapi bila tanin dikonsumsi secara berlebihan maka akan mengganggu kesehatan tubuh.

Jika tidak diminum setiap hari, teh tidak memiliki dampak negatif bagi tubuh, justru menyehatkan bagi tubuh jika dikonsumsi dalam batas wajar.  Meski menyehatkan, jika dikonsumsi secara berlebihan, kamu tidak akan mendapatkan manfaatnya.

Dikutip dari halodoc.com pada Kamis (2/3/2023), berikut ini dampak negatif minum teh berlebihan:

1. Cemas, Gelisah, dan Stres

Sama seperti kopi, teh juga mengandung kafein. Jika kafein masuk ke dalam tubuh dalam jumlah berlebihan, maka dapat memicu efek samping berupa rasa cemas, gelisah, bahkan stres. Sebaiknya, konsumsi kafein di bawah 200 miligram sehari untuk mencegah terjadinya sejumlah dampak negatif minum teh berlebihan tersebut, ya.

2. Heartburn atau Asam Lambung

Dampak negatif lain minum teh setiap hari adalah bisa mengalami heartburn atau asam lambung yang ditandai dengan rasa perih dan terbakar di dada karena naiknya isi lambung ke kerongkongan. Senyawa kafein dalam teh mampu memicu isi lambung lebih mudah naik ke kerongkongan. Bukan itu saja, kafein merangsang produksi total asam lambung menjadi berlebihan.

3. Mengganggu Penyerapan Zat Besi

Senyawa tanin dalam teh berisiko mengganggu penyerapan zat besi. Jika sudah begitu, kamu akan mengalami gangguan penyerapan salah satu mineral penting dalam saluran pencernaan. Hal tersebut dapat menjadi pemicu defisiensi zat besi. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, jangan konsumsi teh saat jam makan tiba, ya.

4. Sulit untuk Tidur

Teh mengandung kafein yang bukan hanya memicu rasa cemas dan gelisah saja, tetapi juga dapat memicu kesulitan tidur. Hal tersebut dikarenakan, kafein bekerja dengan menghambat produksi hormon tidur atau melatonin. Jika sudah kesulitan tidur, maka kamu berisiko mengalami kelelahan, gangguan memori, bahkan obesitas.

5. Sakit Kepala dan Pusing

Dampak negatif minum teh berlebihan selanjutnya adalah sakit kepala dan pusing. Efek samping yang satu ini akan berbeda pada masing-masing orang. Jika kamu mengalami sakit kepala atau pusing hanya minum secangkir atau dua cangkir teh, sebaiknya hindari minuman yang satu ini, ya.

6. Mual

Dampak lain dari minum teh setiap hari adalah bisa mengiritasi organ pencernaan. Teh mengandung tanin yang bukan hanya dapat mengganggu penyerapan zat besi saja, tetapi juga mampu mengiritasi organ pencernaan.  Jika kadarnya dalam tubuh berlebihan, maka dapat memicu sakit perut dan mual. Untuk menurunkan risiko mual saat minum teh, kamu bisa menambahkan sedikit susu. Hal tersebut terjadi karena tanin dapat berikatan dengan protein dan karbohidrat dalam susu, sehingga mampu menurunkan risiko iritasi pada organ pencernaan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya