SOLOPOS.COM - Ilustrasi wanita stres. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Prilly Latuconsina bercerita bahwa dirinya mengalami PTSD di salah satu podcast YouTube Daniel Mananta Network karena itu gejalanya. Untuk menjaga kesehatan mental, simak ulasannya di info sehat kali ini.

Dikutip dari YouTube Daniel Mananta Network pada Selasa (24/10/2023), Prilly Latuconsina mengaku bahwa dirinya terkena PTSD akibat trauma di masa lalunya.  Kendati demikian dia tidak menceritakan secara detail mengenai gangguan itu.

Promosi Kisah AgenBRILink Dekatkan Akses Perbankan Bantu Warga di Sumbawa Besar

Dikutip dari mayoclinic.org pada Selasa (24/10/2023), gangguan stres pascatrauma (PTSD) adalah suatu kondisi mental yang dipicu oleh peristiwa mengerikan. Gejalanya yaitu kilas balik, mimpi buruk, dan kecemasan parah, serta pikiran yang tidak terkendali tentang peristiwa tersebut.

Sebelum mengetahui gejala PTSD, ketahui juga bahwa kebanyakan orang yang mengalami peristiwa traumatis akan mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri dan mengatasinya, namun seiring berjalannya waktu dan perawatan diri yang baik, keadaan akan membaik. Jika gejalanya semakin parah dan mengganggu aktivitas sehari-hari, Anda mungkin menderita PTSD.

Dikutip dari clevelandclinic.org pada Selasa (24/10/2023), berikut ini adalah tipe dari PTSD antara lain:

1. Gangguan stres akut

Gangguan ini merupakan adalah kondisi kesehatan mental jangka pendek yang  terjadi dalam satu bulan pertama setelah mengalami peristiwa traumatis. Gejala yang berlangsung lebih dari empat minggu mungkin memenuhi kriteria PTSD.

2. PTSD Kompleks (CPTSD)

Ini adalah kondisi kesehatan mental yang dapat berkembang jika Anda mengalami trauma kronis (jangka panjang). Contoh trauma kronis termasuk pelecehan fisik atau seksual terhadap anak dalam jangka panjang, kekerasan dalam rumah tangga jangka panjang, dan perang. Orang dengan CPTSD biasanya memiliki gejala PTSD selain masalah ekstensif dengan regulasi emosi, perasaan terhadap diri sendiri, dan hubungan.

Dikutip dari webmd.com pada Selasa (24/10/2023), berikut ini adalah gejala dari PTSD, antara lain:

1. Memori

Dipikirkan atau tidak, kenangan peristiwa traumatis dapat mengganggu Anda. Anda mungkin mengalaminya dalam tidur Anda sebagai mimpi buruk. Artinya, Anda menghidupkan kembali peristiwa tersebut seolah-olah baru pertama kali terjadi. Keduanya bisa menyebabkan Anda merasa cemas, takut, bersalah, atau curiga. Emosi ini muncul secara fisik dalam bentuk menggigil, gemetar, sakit kepala, jantung berdebar-debar, dan serangan panik.

2.    Penghindaran

Gejala PTSD lainnya yaitu penghindaran. Anda tidak ingin memikirkannya. Anda tidak ingin membicarakannya. Anda menghindari semua orang dan segala sesuatu yang mengingatkan Anda pada acara tersebut, termasuk tempat dan aktivitas. Penghindaran juga bisa berarti menjauhi orang-orang bukan hanya orang-orang yang terkait dengan peristiwa tersebut. Hal ini dapat menyebabkan Anda merasa terpisah dan sendirian.

3.    Perubahan Perilaku

Dokter menyebut ini “gejala gairah.” Hal itu dapat membuat emosi Anda lebih kuat. Misalnya, jika Anda seorang pengemudi yang berhati-hati, Anda mungkin mulai mengemudi terlalu cepat di jalan raya. Ledakan kemarahan yang tidak rasional dan tidak masuk akal sangat umum terjadi.

Banyak orang merasa sulit untuk fokus. Perasaan bahaya dan diserang dapat merusak konsentrasi dan menghalangi Anda menyelesaikan tugas yang Anda lakukan setiap hari. Hal ini juga dapat menyebabkan kesulitan tidur, baik Anda mengalami mimpi buruk atau tidak.

4.    Perubahan Suasana Hati

Gejala PTSD tidak selalu disertai petunjuk seperti mimpi buruk dan kilas balik. Terkadang perubahan suasana hati tidak ada hubungannya dengan peristiwa traumatis. Anda akan merasa putus asa, mati rasa, atau buruk terhadap diri sendiri atau orang lain. Pikiran untuk bunuh diri bisa datang dan pergi. Perasaan bersalah dan malu yang mendalam juga umum terjadi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya