SOLOPOS.COM - Ilustrasi kencan pertama. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Kencan pertama atau first date pasti akan membuat pasangan degdegan. Selain itu, kalau nanti makan di kafe atau berbelanja di mal siapa yang bayarin?. Sebaiknya cowok yang bayarin semua atau bayar sendiri-sendiri? Simak berikut ini.

Kencan pertama akan berlangsung lancar dan memberikan kesan baik kalau kamu tahu cara melakukannya dengan benar. Salah satu hal penting yang wajib kamu perhatikan saat first date adalah keputusan untuk bayar sendiri-sendiri (split bill) atau tidak.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Secara sederhana, split bill dapat diartikan sebagai pemisahan tagihan atau patungan tagihan yang kamu lakukan ketika beraktivitas bersama orang lain. Prinsip pemisahan tagihan bisa diberlakukan saat membeli barang tertentu atau menggunakan jasa secara bersamaan.

Misalnya, kamu membayar sebagian tagihan sesuai dengan porsi makanan yang kamu pesan saat berkencan di kafe atau restoran dan si dia pun melakukan hal yang sama.

Sebenarnya nggak ada aturan pasti mengenai split bill saat kencan pertama. Namun, banyak kaum pria menganggap bahwa membayar tagihan secara penuh ketika kencan pertama adalah keharusan, apalagi bila si pria yang berinisiatif mengajak kencan. Hal tersebut dianggap penting agar tidak menimbulkan kesan pelit.

Faktanya, nggak semua wanita modern senang kok dibayarin saat kencan pertama. Sekarang justru banyak wanita mandiri yang mau menerapkan prinsip split bill supaya tidak membebani teman kencannya.

 

Jadi, sebaiknya split bill atau enggak? Kalau kamu masih bingung mau split bill atau nggak saat first date, sebaiknya kamu menyimak beberapa ulsab dari CloseUp ini.

 

1. Menyiapkan bujet kencan

Bila kamu termasuk orang yang enggan melakukan split bill, maka sebaiknya kamu menyiapkan bujet kencan yang memadai, terutama bila kamu adalah pria.

Bujet yang memadai membuatmu tidak perlu mengajak teman kencan untuk split bill karena kamu bisa langsung melakukan pembayaran tagihan. Memutuskan untuk membayar tagihan pada kencan pertama bikin kamu terkesan bertanggung jawab dan nggak pelit.

 

2. Memilih tempat sesuai isi kantong

First date nggak harus di tempat yang serba mewah dan mahal. Kamu bisa berdiskusi dengan si dia untuk menentukan tempat kencan sesuai isi kantong. Kamu juga dapat memberikan beberapa pilihan tempat kencan berdasarkan karakter si dia.

Contohnya, mengajak si dia first date ke tempat-tempat outdoor yang estetik kalau si dia hobi fotografi atau memilih kawasan kuliner kaki lima yang populer bila si dia hobi wisata kuliner dan nggak pilih-pilih makanan.

Intinya, first date harus dilandasi kejujuran supaya kamu dan si dia sama-sama enjoy serta bisa bersikap apa adanya.

 

3. Usahakan tidak nengajak split bill duluan

Walaupun split bill itu wajar saat first date, bukan berarti kamu boleh langsung terang-terangan ngajak split bill ya. Kaum pria sebaiknya berinisiatif meminta bill duluan dari kasir atau waitress sambil menunggu reaksi si teman kencan. Kalau si dia ngajak split bill, barulah kamu bisa menentukan sikap selanjutnya.

 

4. Menunjukkan reaksi yang biasa

Jangan terlalu heboh kalau teman kencanmu mengajak split bill. Bila kamu memang berniat membayar semua tagihan, katakan secara perlahan-lahan kepadanya kalau kamu yang akan bayar semuanya. Tapi kalau kamu menyambut baik ajakan split bill, kamu bisa segera mengiyakannya dengan bahasa tubuh yang sopan.

 

5. Hindari kesan berebut membayar

Rasa sungkan untuk split bill ternyata sering bikin pasangan kencan jadi rebutan membayar tagihan. Jangan lakukan hal ini di tempat umum karena akan membuat karaktermu jadi kurang elegan. Jika si dia tampak bersikeras ingin bayar tagihan, kamu dapat membiarkannya.

 

6. Jadikan tagihan sebagai alasan ketemu lagi

Ada satu trik jitu yang bisa kamu gunakan kalau si dia memutuskan membayar seluruh tagihan saat kencan pertama. Kalau kamu tertarik dengan si dia dan ingin bertemu lagi, ucapkan terima kasih atas traktirannya dan katakan bahwa lain kali giliran kamu yang mentraktir.

Hal sederhana ini bikin kamu terkesan manis dan sopan. Tapi tindakan ini nggak boleh sekadar janji lho ya. Kamu harus menepati janji mentraktir kalau nanti berkesempatan kencan lagi sama si dia.



 

7. Bicarakan finansial bila sudah akrab

Kencan pertama bukanlah momen yang tepat untuk membicarakan urusan finansial. Jadi, waktu terbaik untuk membicarakan soal finansial adalah saat kamu sudah lebih akrab dengannya.

Jika sudah kencan beberapa kali, maka kamu tidak perlu ragu membicarakan tentang urusan finansial, termasuk soal prinsip split bill seandainya kamu dan dia menjalin hubungan yang lebih serius.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya