SOLOPOS.COM - Ilustrasi daging sapi. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Saat Iduladha, bisa jadi Anda mendapatkan daging sapi, ketahui lima manfaat sumber protein hewani ini bagi tubuh. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Sumber protein hewani satu ini adalah salah satu jenis daging merah yang mengandung zat besi lebih tinggi dibandingkan ayam atau ikan. Kebanyakan orang biasanya mengonsumsinya dalam bentuk daging panggang, iga, steik, hingga topping utama hamburger.

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

Berikut ini segudang manfaat daging sapi seperti dikutip dari hellosehat.com pada Minggu (10/7/2022):

1. Menjaga massa otot

Salah satu khasiat daging sapi yang sayang dilewatkan yaitu membantu menjaga massa otot. Bagaimana tidak, daging sapi merupakan sumber protein yang mengandung semua asam amino esensial.

Baca Juga: Penting, Kecukupan Protein Hewani untuk Anak

Asam amino esensial dibutuhkan oleh semua orang, terutama lansia, untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, protein pada daging sapi membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, serta meningkatkan aktivitas otot.

Tidak heran bila Anda yang ingin meningkatkan massa otot perlu menambah jumlah asupan protein. Bila tubuh tidak mendapat asupan nutrisi yang tepat, upaya untuk mendapatkan tubuh berotot tentu akan memakan waktu yang lama.

2. Meningkatkan performa latihan

Selain menjaga massa otot, manfaat daging sapi lainnya yang mungkin sangat berpengaruh terhadap atlet yakni meningkatkan performa latihan.  Begini, ikan dan daging, termasuk daging sapi, mengandung beta-alanine yang menghasilkan carnosine di tubuh. Carnosine merupakan senyawa penting yang diperlukan untuk menjalankan fungsi otot.

Baca Juga: Ada Cacing Hati pada Sapi di Boyolali, Masih Amankah Daging Dikonsumsi?

Konsumsi daging sapi dapat meningkatkan kadar carnosine pada otot. Kadar carnosine yang tinggi dapat menurunkan rasa lelah dan meningkatkan performa latihan, terutama saat lari.

3. Mencegah anemia

Berkat kandungan zat besi di dalamnya, konsumsi daging sapi diklaim dapat membantu mencegah anemia. Anemia dapat disebabkan oleh kekurangan zat besi yang biasanya ditandai dengan kelelahan dan kelemahan.

Dengan mengonsumsi daging sapi, tubuh mendapatkan zat besi yang cukup, terutama dalam bentuk heme. Heme merupakan bentuk zat besi yang hanya dijumpai pada protein hewani.  Tubuh manusia menyerap zat besi heme lebih efektif dibandingkan zat besi non-heme, yaitu yang berasal dari tumbuhan.

Artinya, konsumsi daging sapi bermanfaat membantu memenuhi kebutuhan zat besi yang bisa mencegah anemia.

4. Memelihara sistem kekebalan tubuh

Tahukah Anda bahwa daging sapi termasuk sumber zinc (seng) yang cukup tinggi dan bisa membantu meningkatkan kekebalan?  Manfaat daging sapi ini didapat dari sifat antioksidan seng yang bertanggung jawab menghasilkan antibodi.

Baca Juga: Sebelum Bakar Satai, Kenali Jenis-Jenis Arang Berikut Ini

Antibodi yang dihasilkan ini membantu melawan radikal bebas yang bisa menimbulkan penyakit kronis. Selain itu, protein dalam daging sapi membantu menghasilkan antibodi tersebut agar tubuh terlindungi dari infeksi.

Oleh sebab itu, anak-anak hingga orang dewasa memerlukan jumlah zinc dan protein yang cukup. Kebutuhan zinc ini bisa diperoleh dengan makan daging sapi secukupnya.

5. Mempercantik kulit dan rambut

Daging, termasuk daging sapi, mungkin mengandung tokoferol dan vitamin E yang cukup tinggi. Keduanya dikenal dapat melawan kolagen sehingga bisa meningkatkan penuaan kulit.  Meski begitu, beberapa bagian daging tertentu, seperti hati, kaya akan ubiquinol.

Baca Juga: Ternyata Ini yang Pengaruhi Empuk Tidaknya Daging Kambing

Ubiquinol merupakan senyawa antioksidan kuat yang dijumpai di lapisan kulit terluar (epidermis). Antioksidan ini bisa membantu melawan kerusakan oksidatif pada kulit.  Selain itu, konsumsi sumber protein ini dianggap baik untuk menjaga kesehatan rambut karena kaya akan zat besi. Pasalnya, kekurangan zat besi menjadi salah satu penyebab rambut rontok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya