SOLOPOS.COM - Ilustrasi main HP di toilet. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ketahui efek buruk dari kebiasaan main HP saat sedang buang air besar di toilet. Untuk menjaga kesehatan tubuh, simak ulasannya di info sehat kali ini.

Di era ponsel pintar, semakin banyak orang yang melakukan berbagai aktivitas saat berada di kamar mandi. Bukan hanya bermain game, tak jarang mereka juga melakukan hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan profesional misalnya membaca dan membalas email.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Meskipun ini mungkin tampak seperti kebiasaan yang tidak berbahaya, penggunaan ponsel dalam waktu lama di kamar mandi dapat menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan. Jadi sebaiknya hindari melakukan kebiasaan ini.

Berikut ini sejumlah efek buruk kebiasaan main HP di toilet dikutip dari timesofindia.com pada Jumat (19/1/2024):

1.   Menyebabkan postur tubuh yang buruk dan masalah muskuloskeletal

Penggunaan ponsel dalam waktu lama di toilet dapat menyebabkan postur tubuh yang buruk, terutama jika seseorang membungkuk di depan perangkatnya. Postur tubuh yang berkepanjangan ini dapat menyebabkan masalah muskuloskeletal seperti nyeri leher dan punggung. Ketegangan pada tulang belakang dan otot di sekitarnya dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan, seiring waktu, berpotensi menyebabkan masalah kronis.

2. Meningkatkan risiko terkena wasir

Kebiasaan bermain HP di toilet juga memiliki efek buruk meningkatkan risiko terkena wasir. Duduk terlalu lama di toilet, yang diperburuk oleh penggunaan ponsel, dapat berkontribusi terhadap perkembangan wasir. Mengejan saat buang air besar adalah penyebab umum wasir, dan menghabiskan waktu terlalu lama di toilet dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah dubur. Kombinasi dari duduk dalam waktu lama dan gangguan penggunaan ponsel dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya kondisi yang menyakitkan dan tidak nyaman ini.

3. Mengganggu sirkulasi

Tetap duduk dalam waktu lama dapat mengganggu sirkulasi darah, terutama di kaki. Hal ini dapat berkontribusi pada perkembangan kondisi seperti trombosis vena dalam (DVT) atau memperburuk masalah peredaran darah yang sudah ada. Penggunaan telepon toilet yang tidak banyak bergerak, dikombinasikan dengan potensi duduk dalam waktu lama, dapat mengganggu aliran darah dan menimbulkan risiko bagi kesehatan pembuluh darah.

4. Meningkatkan paparan terhadap kuman

Efek buruk lainnya dari membawa dan main HP di toilet adalah meningkatkan paparan kuman. Kamar mandi terkenal sebagai rumah bagi bakteri dan kuman, dan ponsel dapat menjadi wadah bagi mikroorganisme tersebut. Menggunakan ponsel di toilet meningkatkan kemungkinan perpindahan bakteri dari tangan ke perangkat, sehingga menciptakan lingkungan yang berpotensi menimbulkan infeksi. Mensanitasi ponsel secara teratur dan mempraktikkan kebersihan tangan yang benar dapat membantu mengurangi risiko ini.

5. Itu membuat mata tegang

Cahaya biru yang dipancarkan layar ponsel dapat menyebabkan ketegangan mata, terutama bila digunakan dalam waktu lama. Menggunakan ponsel di kamar mandi yang remang-remang dapat memperburuk efek ini. Selain itu, menggunakan perangkat seluler sebelum tidur dapat mengganggu pola tidur karena penekanan produksi melatonin. Kebiasaan menggunakan ponsel di toilet, terutama saat pergi ke kamar mandi di malam hari, dapat menyebabkan gangguan tidur dan gangguan kualitas tidur secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya