SOLOPOS.COM - LEngkuas memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Dikenal sebagai bumbu penyedap masakan, lengkuas ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Lengkuas merupakan bagian akar dari tanaman Alpinia officinarum.

Selama bertahun-tahun, lengkuas banyak digunakan sebagai campuran bahan makanan dan minuman.  Namun rempah ini juga banyak digunakan sebagai bahan obat-obatan. Sebab lengkuas memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan, salah satunya untuk menjaga kesehatan jantung.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Terdapat beberapa mekanisme lengkuas dalam mendukung kesehatan jantung. Berikut sederet manfaat lengkuas untuk jantung yang perlu Anda tahu seperti dikutip dari klikdokter.com pada Selasa (22/3/2022):

Baca Juga: Waspada! Ini Kondisi yang Dirasakan Orang Dengan Gagal Jantung

1. Mencegah Kerusakan Jantung

Manfaat lengkuas untuk kesehatan jantung adalah mencegah kerusakan organ vital ini. Hal ini karena rempah ini kaya akan antioksidan, yaitu senyawa yang berperan melawan radikal bebas dan mengurangi risiko kerusakan akibat stres oksidatif.

Stres oksidatif merupakan kondisi yang berbahaya. Pasalnya, ketidakseimbangan kadar antioksidan dan radikal bebas di dalam tubuh tersebut bisa meningkatkan risiko kerusakan sel.  Kerusakan sel mencetuskan peradangan sistemik, termasuk di jantung. Kondisi ini menyebabkan jantung mengalami gangguan.

Berdasarkan riset yang dimuat Indian Journal of Pharmaceutical Sciences, lengkuas mengandung antioksidan polifenol, yaitu sekelompok antioksidan yang terbukti mengurangi faktor risiko penyakit jantung, seperti kadar gula darah maupun low-density lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat.

Baca Juga: Diduga Dialami Puteri Artis Nurul Arifin, Apa Itu Henti Jantung

Meski demikian, menurut catatan Healthline, hingga saat ini belum ada studi yang mengkaji secara langsung khasiat polifenol di dalam lengkuas terhadap kesehatan jantung. Karenanya, dibutuhkan penelitian lanjutan guna memperoleh bukti kuat terkait khasiat lengkuas tersebut.

2. Mengurangi Risiko Peradangan Jantung

Khasiat lengkuas untuk jantung berikutnya yaitu diduga dapat membantu mengurangi risiko peradangan, serta meminimalkan rasa nyeri yang ditimbulkannya.  Manfaat lengkuas tersebut berasal dari kandungan fitokimia alami bernama hexose monophosphate (HMP). Sebuah riset pada tikus yang dirilis Food Science and Human Wellness mengungkapkan HMP dalam lengkuas dapat mengurangi peradangan.

Meski begitu, tidak disebutkan secara spesifik, apakah efek positif HMP dalam lengkuas juga berlaku untuk mengurangi risiko peradangan pada jantung.

3. Mengurangi Risiko Infeksi Jantung

Lengkuas diduga dapat mengurangi risiko infeksi jantung seperti endokarditis. Ini merupakan kondisi meradangnya endokardium, yaitu lapisan bagian dalam jantung.  Umumnya, endokarditis disebabkan oleh infeksi bakteri. Meski begitu, peradangan endokardium dapat pula dipicu oleh infeksi virus atau jamur.

Baca Juga: Cegah Henti Jantung di Usia Muda Seperti Dialami Puteri Nurul Arifin

Menurut dokter dari klikdokter.com, Dyah Novita Anggraini, essential oils dari ekstrak lengkuas dapat membantu mengatasi infeksi berbagai mikroorganisme seperti jamur maupun bakteri. Khasiat ini boleh jadi mengurangi risiko peradangan jantung akibat infeksi mikroba tersebut.

Masih mengutip Indian Journal of Pharmaceutical Sciences, manfaat lengkuas dalam mengatasi infeksi patogen diduga berasal dari kandungan senyawa antimikroba di dalam lengkuas.  Kendati demikian, dibutuhkan penelitian lanjutan guna memastikan efek antimikroba dari lengkuas untuk mengurangi risiko infeksi jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya