SOLOPOS.COM - Ilustrasi penderita kanker. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Kenali gejala kanker sarkoma jaringan lunak seperti diidap artis Alice Norin. Ini merupakan salah satu tumor ganas yang jarang ditemukan. Untuk menjaga kesehatan tubuh, simak ulasannya di info sehat kali ini.

Jumlah penderita penyakit ini hanya 1 persen kasus pada orang dewasa, dan 7 persen—10 persen pada anak-anak dan dewasa muda. Sarkoma jaringan lunak ini bisa menyerang bagian tubuh manapun.

Promosi BRI Perkuat Kolaborasi Strategis dengan Microsoft Dorong Inklusi Keuangan

Kebanyakan kanker sarkoma menyerang perut, lengan, dan tungkai. Namun yang perlu diingat, risiko mengalami kanker sarkoma ini akan meningkat seiring pertambahan usia. Dikutip dari halodoc.com pada Jumat (16/2/2024), menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh American Cancer Association disebutkan kalau sarkoma jaringan lunak terjadi akibat mutasi DNA di dalam sel, sehingga berkembang di luar kendali.

Sel-sel yang abnormal ini kemudian akan membentuk tumor yang bisa menyerang jaringan di sekitarnya. Bahkan, bisa menyebar ke tubuh bagian lain. Masalahnya, hingga saat ini penyebab terjadinya mutasi DNA belum dapat diketahui secara pasti.

Dengan kata lain, penyebab dari sarkoma jaringan lunak pun hingga kini belum diketahui. Namun, selain dari jenis sel yang mengalami mutasi genetik, beberapa ahli menduga kalau kanker sarkoma juga bisa terjadi karena virus, yaitu Kaposi’s sarcoma. Kanker yang jarang terjadi ini diakibatkan oleh virus herpes manusia tipe 8. Virusnya menyerang orang dengan sistem imunitas yang lemah.

Mengenali gejala kanker sarkoma memang gampang-gampang susah. Sebab di tahap awal, sarkoma jaringan lunak tidak menimbulkan gejala apa pun dan sulit ditemukan. Alasannya, tumor ini dapat tumbuh di bagian tubuh manapun. Nah, biasanya gejalanya baru dapat terlihat bila tumor makin membesar.

Gejala kanker sarkoma yang ditunjukkan bisa berupa benjolan atau pembengkakan yang disertai rasa nyeri bila tumor menekan saraf atau otot. Kondisi ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman, hingga kesulitan bernapas.

Keluhan yang timbul pada sarkoma jaringan lunak bergantung dari lokasi tumor berada. Meskipun begitu, ada beberapa gejala umum yang sering timbul pada pengidap kanker sarkoma.

– Nyeri perut, perdarahan saluran cerna, dan sumbatan aliran makanan bila sarkoma berada di dalam rongga perut.
– Benjolan yang tidak nyeri.
– Gangguan saraf sensorik atau motorik bila terjadi penekanan sarkoma pada saraf

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya