SOLOPOS.COM - Ilustrasi wajah bengkak. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Ketahui apa saja penyebab wajah bengkak saat bangun tidur?  Mengalami hal ini cukup menjengkelkan apalagi jika berlangsung cukup lama, bahkan seharian penuh.

Menurut medicalnewstoday  penyebab wajah bengkak saat bangun tidur cukup beragam, bisa jadi karena masalah kesehatan ataupun disebabkan pola makan. Simak ulasannya di tips kecantikan kali ini.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Agar tidak mengganggu penampilan Anda seharian, ketahui apa saja pemicu wajah bengkak seperti dikutip dari Bisnis.com pada Minggu (28/8/2022):

1. Tidur

Bisa jadi bengkak pada wajah saat bangun tidur adalah efek yang ditimbulkan akibat seseorang terlalu sedikit atau bahkan terlalu banyak tidur. Hal ini karena bengkak berasal dari resistensi cairan yang normal.

Baca Juga: Arti Mimpi Dipenjara Mungkinkah Terkait Perasaan Tertekan?

Posisi tidur juga ikut andil dalam menjadi sebab bengkak pada wajah saat bangun tidur. Seseorang dengan posisi tidur berbaring menyebabkan cairan berkumpul di wajah. Saat dia bangun dan berdiri, cairan di wajah itu bisa jadi akan hilang.

2. Riasan

Banyak wanita yang malas membersihkan wajahnya saat akan tidur, padahal hal ini berbahaya bagi kesehatan kulit. Sisa-sia riasan di wajah akan menyebabkan reaksi kulit yang disebut dermatitis kontak. Gejala dermatitis kontak meliputi kemerahan, iritasi, juga bengkak di wajah dan mata. Umumnya, hal ini tidak menyebabkan kondisi yang serius, namun dalam gejala parah, dapat terjadi bengkak mata juga kesulitan membuka mata yang memerlukan pertolongan medis.

Baca Juga: Nenek Saetun Diduga Meninggal 4-5 Hari Lalu, Ditemukan di Tempat Tidur

3. Makanan

Mengonsumsi makanan tertentu pada malam hari kadang bisa jadi salah satu penyebab bengkaknya wajah pada pagi hari. Makanan mengandung natrium tinggi misalnya, kandungan natrium dapat menyebabkan tubuh menahan air, sehingga orang akan cepat haus dan banyak minum.

Namun, sayangnya tubuh tidak mengeluarkan urin lebih banyak. Sisa cairan ini kemudian berkumpul di banyak tempat, termasuk wajah dan menimbulkan efek bengkak. Selain makanan dengan kandungan natrium tinggi beberapa makanan berikut juga perlu dihindari dikonsumsi pada malam hari:

– Makanan cepat saji, seperti burger, kentang goreng

– Olahan daging seperti pepperoni

– Alkohol

Baca Juga: Arti Mimpi Melihat Kucing Hitam, Pertanda Kesialan bakal Menghampiri?

4. Menstruasi

Datang bulan dapat menyebabkan retensi cairan, bahkan gejala bangun tidur bengkak ini juga bagian dari sindrom pramenstruasi atau PMS.

5. Alergi

Wajah bengkak juga dapat disebabkan oleh udara yang dihirup pada malam hari yang mengandung bulu, serbuk sari ataupun debu. Seseorang mungkin tidak akan menyadari apa yang dihirupnya, baru pada pagi hari menyadari wajahnya bengkak. Gejala lain yang menimbulkan bengkak karena permasalahan alergi adalah hidung tersumbat, pilek bersin, mata gatal ataupun berair.

6. Infeksi sinus

Penyebab wajah bengkak saat bangun tidur di pagi hari salah satunya adalah kemungkinan tanda dari infeksi sinus. Hal ini biasanya akan menimbulkan gejala lain seperti rasa neyri opada wajah, tetesan postnasal, sakit kepala bagian depan, sakit gigi, demam serta hidung tersumbat.

7. Hipotiroidisme

Penyakit ini melibatkan kelenjar tiroid yang tidak menghasilkan cukup hormon. Selain bengkak gejala yang muncul karena penyakit ini adalah penambahan berat badan, kelelahan, toleransi dingin yang buruk, kulit kering serta penipisan rambut.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Ini Penyebab Wajah Bengkak Saat Bangun Tidur, Salah Satunya Karena Makeup

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya