SOLOPOS.COM - Ilustrasi memakai sunscreen. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Mengetahui tanda sunscreen palsu atau tidak sangat penting mengingat produk ini bersentuhan langsung dengan kulit.  Untuk menjaga kesehatan kulit, simak ulasannya di info sehat kali ini.

Sunscreen atau tabir surya adalah salah satu produk kecantikan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan kulit. Produk ini berfungsi untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari yang bisa menyebabkan kerusakan pada kulit seperti penuaan dini, kanker kulit, dan lain sebagainya.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Namun penggunaan produk perawatan kulit ini tidak akan efektif jika produk yang digunakan adalah produk palsu. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih produk asli untuk mendapatkan manfaat terbaiknya.

Sayangnya, di tengah gencarnya produk palsu, melihat tanda sunscreen asli menjadi hal yang sulit dilakukan. Ada banyak produk tabir surya tidak asli yang beredar di pasaran dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan produk asli. Hal ini membuat konsumen menjadi bingung dalam memilih produk yang asli dan terpercaya

Nah agar tidak salah beli, ketahui panduan untuk mengetahui tanda sunscreen tersebut asli atau palsu berikut ini seperti dikutip dari berbagai sumber pada Selasa (15/8/2023):

1. Beli  di Toko Resmi

Cara terbaik untuk memastikan produk sunscreen yang Anda beli adalah asli adalah dengan membeli produk dari toko resmi. Toko resmi biasanya bekerja sama dengan produsen untuk menjual produk asli dan terpercaya. Mereka juga memiliki sistem pengiriman dan jaminan kualitas produk yang memastikan bahwa produk yang Anda beli adalah produk asli.

Anda bisa mencari toko resmi di toko online atau langsung ke toko fisik terdekat. Pastikan untuk memeriksa apakah toko tersebut adalah toko resmi yang bekerja sama dengan produsen. Jika Anda ragu, Anda bisa mencari informasi lebih lanjut mengenai toko tersebut di internet atau langsung ke produsen.

2. Periksa Kemasan dan Label Produk

Cara berikutnya untuk mengetahui tanda sunscreen kamu palsu atau asli adalah dengan memeriksa kemasan dan label produk. Produsen sunscreen asli biasanya mencantumkan informasi yang jelas mengenai kandungan dan manfaat produk di kemasan dan label produk. Label produk juga biasanya dilengkapi dengan nomor registrasi BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) yang menandakan bahwa produk tersebut telah terdaftar dan teruji oleh BPOM.

Pastikan untuk memeriksa dengan teliti kemasan dan label produk sebelum membeli. Perhatikan apakah kemasan dan label terlihat asli atau tidak. Jika ada tanda-tanda yang mencurigakan seperti kemasan yang cacat atau label yang tidak jelas, sebaiknya hindari produk tersebut.

3. Cari Tahu Harga Pasar Produk

Harga sunscreen asli biasanya lebih mahal dari produk palsu. Oleh karena itu, sebelum membeli produk sunscreen, sebaiknya cari tahu tentang harga pasar untuk produk tersebut. Jangan mudah tergoda dengan harga yang terlalu murah karena ini mungkin menandakan bahwa produk tersebut palsu.

Jika Anda merasa bahwa harga yang ditawarkan terlalu murah, sebaiknya cari tahu lebih lanjut tentang produk tersebut. Anda bisa mencari informasi di internet atau langsung bertanya kepada produsen atau toko resmi untuk memastikan bahwa produk tersebut asli.

4. Cek Barcode

Tanda berikutnya jika sunscreen tersebut asli atau palsu adalah dari barcode. Biasanya, tiap produk  yang asli memiliki kode unik yang disematkan pada barcode-nya. Kamu dapat memindai barcode yang tercantum pada kemasan menggunakan scanner handphone dan mengecek apakah produk yang kamu beli terdaftar di website brand skincare tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya