SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Seni melukis kopi lelet pada batang rokok

Saat berada di Lasem, rasanya pantang melewatkan kunjungan ke warung kopi lelet. Nongkrong di warung kopi bukan melulu soal menikmati secangkir minuman, tapi juga sarana menyelami jati diri Lasem dan masyarakatnya.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Warung kopi lelet mudah dijumpai di sudut-sudut Lasem. Rata-rata setiap desa memiliki sekitar 5 warkop (warung kopi) atau jika ditotal jumlahnya mencapai lebih dari 100 buah. Dalam kunjungan ke Lasem pertengahan Maret lalu, saya dan teman-teman seperjalanan gembira karena mendapat kesempatan mampir di warung kopi lelet.

Mas Pop, pemandu kami, mengajak saya dan teman-teman ke sebuah warung kopi lelet sederhana di Jalan Karangturi, Desa Karangturi, salah satu kawasan Pecinan di Lasem. Pemiliknya seorang keturunanan Tionghoa yang berpembawaan ramah. Sadar bukan penggemar kopi, saya tidak memesan sendiri, cukup mencicipi beberapa teguk dari cangkir teman.
Ciri khas kopi lelet Lasem terletak pada ampasnya.

Cita rasanya mungkin hampir sama dengan kopi-kopi daerah lain, apalagi buat orang yang bukan pecandu kopi seperti saya. Keunikan kopi lelet baru terasa setelah menghabiskan tegukan terakhir. Ampas kopi lelet menjadi awal keunikan ala warung kopi Lasem.

Para penikmat kopi lelet kerap menggunakan ampas itu untuk menambah cita rasa rokok. Caranya dengan mengoleskan ampas kopi di batang rokok. Namun, pengolesannya tidak sembarangan karena biasanya dibentuk dengan pola batik. Konon, rokok yang diolesi ampas kopi ini cita rasanya bakal lebih sedap. Penasaran? Silahkan buktikan sendiri.

Fenomena rokok dan lukisan ampas kopi membuktikan budaya membatik memang sudah mengalir di nadi masyarakat Lasem. Batik Lasem kualitasnya tak perlu diragukan, pantas berdiri sejajar dengan batik dari Solo, Jogja maupun Pekalongan.

Namun, keistimewaan warung kopi lelet tak berhenti sampai di situ. Menurut Pak Toro, penggerak Forum Komunikasi Masayarakat Sejarah (Fokmas) Lasem, warung kopi lelet memainkan peran penting dalam menjaga harmonisasi di Lasem. Di warung sederhana tersebut masyarakat Jawa dan Tionghoa berinteksi, bertukar kata dan berdialektika. Lewat interaksi intens, kerukunan antaretnis di Lasem pun terus terpelihara meski generasi terus berganti.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Pemkab Malang akan Gratiskan Biaya Pendidikan Anak Korban Kecelakaan di Bromo

Pemkab Malang akan Gratiskan Biaya Pendidikan Anak Korban Kecelakaan di Bromo
author
Newswire , 
Abdul Jalil Selasa, 14 Mei 2024 - 17:31 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi kecelakaan tertabrak KA (Dok Solopos)

Solopos.com, MALANG – Kecelakaan lalu lintas maut terjadi di jalur menuju kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Desa Ngadas, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (13/5/2024). Empat orang meninggal dunia dan lima orang mengalami luka-luka dalam peristiwa tragis tersebut.

Atas kondisi itu, Pemerintah Kabupaten Malang menyiapkan bantuan berupa biaya pengobatan bagi korban kecelakaan tersebut.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Bupati Malang, M. Sanusi, mengatakan pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Malang untuk bantuan kepada korban.

“Untuk sementara masih biaya pengobatan saja,” kata dia seusia menjenguk korban kecelakaan di Rumah Sakit Tentara (RST) Soepraoen, Kota Malang, Selasa (14/5/2024).

Koran Solopos

Sanusi menuturkan biaya pengobatan untuk lima orang yang mengalami luka ringan akan dibantu Pemkab Malang jika para korban belum terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan.

Sementara itu untuk biaya pendidikan anak yang menjadi korban dalam kecelakaan tunggal tersebut akan dikoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Malang. Pihaknya akan membebaskan biaya sekolah untuk anak yatim piatu.

“Sedangkan untuk biaya pendidikan bagi korban anak-anak nanti dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan. Karena anak yatim piatu kita bebaskan dari segala macam pembiayaan di sekolah mulai dari SD hingga SMP,” katanya yang dikutip dari Antara.

Emagazine Solopos

Ia menambahkan kondisi korban yang selamat dari kecelakaan yang terjadi pada pukul 18.30 WIB tersebut, secara umum dalam kondisi normal. Namun, perlu ada sejumlah tindakan medis dari hasil observasi.

“‘Menurut keterangan dokter, kondisinya secara umum normal, tetapi perlu ada tindakan medis dari hasil observasi yang sudah dilakukan,” katanya.

Sanusi menambahkan lokasi jalan di kawasan TNBTS yang menjadi titik kecelakaan tersebut berstatus jalan nasional. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), termasuk pengelola kawasan untuk pemasangan rambu.

Interaktif Solopos

“Jika jalannya gelap mungkin bisa kita pasang lampu penerangan, karena di lokasi masuk wilayah TNBTS dan Perhutani, sehingga juga perlu dikoordinasikan,” katanya.

Kecelakaan tunggal di akses jalan yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru tersebut bermula saat kendaraan melaju dari arah Kabupaten Lumajang menuju Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.

Kendaraan melaju, kemudian terjun ke jurang sedalam kurang lebih 80 meter. Dugaan awal dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Malang, kecelakaan itu disebabkan akibat kendala teknis atau rem kendaraan yang tidak berfungsi.



Empat orang korban meninggal dunia bernama Imriti Yasin Ali Rahbini, 51; Muslihi Irvani, 33; Tutik Kuntiarti, 51; dan Sulimah, 57.

Sementara itu, lima penumpang lain yang selamat adalah Siti Aminah, 30, Fatin, 33; Nafla Syakira, 8; Naila Salsabila, 6; dan Hafis Muhammad Rafif, 7.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Jumariyanto Regar Sport Ambil Formulir Pendaftaran Cabup di Gerindra Boyolali

Jumariyanto Regar Sport Ambil Formulir Pendaftaran Cabup di Gerindra Boyolali
author
Suharsih Selasa, 14 Mei 2024 - 17:31 WIB
share
SOLOPOS.COM - Pengusaha asal Wonogiri, Jumariyanto (kanan), mengambil formulir pendaftaran calon bupati di Kantor DPC Partai Gerindra Boyolali, Selasa (14/5/2024). (Solopos/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Pengusaha asal Wonogiri yang juga pemilik Regar Sport, Jumariyanto, mengambil formulir pendaftaran calon bupati untuk Pilkada 2024 di Kantor DPC Partai Gerindra Boyolali, Selasa (14/5/2024) siang. Ia tiba di Kantor DPC Gerindra Boyolali sekitar pukul 13.30 WIB.

Kedatangannya disambut kader Partai Gerindra, serta pimpinan partai politik lain seperti Ketua DPD Partai Golkar Boyolali Fuadi dan Ketua DPC PKB Boyolali Eko Mujiono. Beberapa perwakilan partai baik dari Partai Buruh, PSI, dan PAN Boyolali juga terlihat hadir di lokasi.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Saat datang, Jumariyanto diarahkan langsung masuk ke kantor dan mengambil formulir pendaftaran calon bupati. Ketua DPC Partai Gerindra Boyolali, Aziz Aminudin, menyerahkan formulir pendaftaran cabup kepada pemilik usaha Regar Sport tersebut.

Aziz menyampaikan kedatangan Jumariyanto untuk mengambil formulir pada penjaringan calon bupati dan wakil bupati Boyolali 2024-2029 menjadi hal terbaik. Hasil dari penjaringan akan dibawa, disampaikan, dan diusulkan ke DPP Partai Gerindra untuk mendapatkan rekomendasi.

Koran Solopos

“Partai Gerindra Boyolali memegang komitmen dengan sungguh-sungguh sesuai dengan mekanisme partai. Hasil dari penjaringan bakal calon akan kami matangkan dengan tiga partai parlemen yaitu Golkar, PKB, dan Gerindra,” kata dia.

Ia mengungkapkan ketiga partai semakin solid dan kompak menyongsong Pilkada Boyolali 2024 dengan semangat yang sama yaitu perubahan. “Gerindra, Golkar, dan PKB siap menjadi penjaga demokrasi di Boyolali,” jelasnya.

Lebih lanjut, Aziz mengatakan Partai Gerindra Boyolali membuka kesempatan kepada masyarakat dan putra-putri terbaik untuk mendaftar sebagai bakal calon bupati-wakil bupati 2024-209. Hingga Selasa ini, baru Jumariyanto yang datang mengambil formulir pendaftaran bakal calon bupati di DPC Partai Gerindra Boyolali.

Emagazine Solopos

Tak Gentar

Pendaftaran dibuka pada Senin-Minggu (13-19/5/2024). Para pendaftar tinggal datang untuk mengambil formulir dan mengembalikan maksimal satu pekan setelahnya. Aziz meyakini hal tersebut sebagai ikhtiar untuk membuat perubahan di Kota Susu.

“Mulai dari membuka pendaftaran bakal calon bupati-wakil bupati. Hari ini Pak Jumariyanto mendaftar sebagai bakal calon bupati. Tidak banyak yang mau dan berani untuk mendaftar menjadi calon pimpinan di Boyolali,” kata dia.

Sementara itu, Jumariyanto menyampaikan pendaftaran tersebut menjadi salah satu rangkaian kegiatan yang harus dia lalui untuk maju sebagai calon bupati di Pilkada Boyolali 2024. Mendaftarkan diri di salah satu partai politik yang berkoalisi dengan dua partai lain dengan total 10 kursi parlemen, Jumariyanto tak gentar dan optimistis menghadapi Pilkada Boyolali.

Interaktif Solopos

Om Jum, sapaan akrabnya, mengatakan perolehan kursi tidak akan mempengaruhi hasil akhir karena pada dasarnya jumlah kursi adalah syarat normatif mengusung calon bupati-wakil bupati. “Yang pertama kami lalui adalah normatifnya, kalau masalah action pemenangan dan sebagainya, saya pikir bapak-bapak yang hadir bukanlah tipikal pecundang yang mau siap kalah. Kami juga siap menang,” kata dia.

Sementara dalam sambutannya kepada para kader dan tamu undangan, Om Jum mengatakan di Boyolali yang dibutuhkan kali pertama bukanlah Tersenyum terlebih dahulu. Namun, yang dibutuhkan terlebih dahulu adalah perubahan.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Ini 3 Ruas Jalan di Solo Dilarang untuk Parkir Saat Parade Mobil Hias Dekranas

Ini 3 Ruas Jalan di Solo Dilarang untuk Parkir Saat Parade Mobil Hias Dekranas
author
Ahmad Mufid Aryono Selasa, 14 Mei 2024 - 17:30 WIB
share
SOLOPOS.COM - Panggung kehormatan berupa gerbong pengangkut semen berada di Jl. Slamet Riyadi Solo, Selasa (14/5/2024). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo tidak menyediakan fasilitas parkir di tiga ruas jalan pada acara parade mobil hias, kriya, dan budaya dalam rangka hari ulang tahun (HUT) ke-44 Dekranas, Rabu (15/5/2024).

Tiga ruas jalan harus steril dari kendaraan pengunjung, yakni Jl Bhayangkara untuk daerah persiapan parade, Jl Diponegoro disiapkan untuk kawasan panggung kehormatan, dan Jl Teuku Umar (simpang McDonald’s) untuk rute defile.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Fasilitas parkir sama seperti Solo Car Free Day kecuali tiga jalan itu tidak ada parkir untuk penonton,” jelas Ari kepada Solopos.com, Selasa (14/5/2024).

Ari menjelaskan Dishub Solo akan menutup Jl Slamet Riyadi dan Jl Jend Sudirman untuk parade mobil hias, kriya, dan budaya dalam rangka hari ulang tahun (HUT) ke-44 Dekranas, Rabu (15/5/2024) mulai pukul 12.00 WIB.

Koran Solopos

Ari mengatakan rute pejalan kaki, adalah Stadion Sriwedari, Jl Bhayangkara, Jl Slamet Riyadi, Jl Teuku Umar, Jl Ronggowarsito, Pura Mangkunegaran. Sebanyak 1.250 kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) akan mengikuti lomba parade budaya nusantara.

Kemudian rute mobil hias dari Purwosari, Jl Slamet Riyadi, Jl Jend Sudirman (finish Balai Kota Solo), Jl Urip Sumoharjo, Jl Brigjen Sudiarto, Jl Tentara Pelajar, Pedaringan. Ada 104 unit mobil hias yang ikut dalam parade.

Ari mengimbau kepada masyarakat yang berkegiatan di sekitar Jl Slamet Riyadi maupun Jl Jenderal Sudirman bisa menggunakan fasilitas parkir yang tersedia. Masyarakat yang tidak berkepentingan atau tidak ingin menyaksikan parade bisa menghindari Jl Slamet Riyadi.

Emagazine Solopos

“Masyarakat berputar lebih jauh untuk hindari kawasan Gendengan sampai Balai Kota Solo,” papar dia.

Pantauan Solopos.com peserta dari Jawa Tengah berada di barisan paling depan pada lomba parade budaya nusantara yang diikuti PKK se-Indonesia. Jawa Tengah juga berada paling depan pada parade mobil hias tersebut.

Penutupan acara Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-52 PKK di Taman Balekambang, Solo, Kamis (16/5/2024) malam. Ibu Negara Iriana Jokowi akan menutup acara tersebut. Sedangkan penutupan HUT ke-44 Dekranas di Pamedan Pura Mangkunegaran, Sabtu (18/5/2024).

Interaktif Solopos



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories