SOLOPOS.COM - Misao Okawa, wanita tertua di dunia (albinfo.ch)

Solopos.com, TOKYO — Perempuan tertua di Dunia versi Guiness World Record, Misao Okawa merayakan ulang tahun ke-116, Rabu (5/3/2014) kemarin. Misao bersyukur masih hidup hingga seusianya sekarang. Katanya, dia bisa hidup hingga usia saat ini karena menjalani hidup dengan bersantai.

Dilansir Telegraph.co.uk, Selasa (4/3/2014), Misao mengungkapkan bahwa makan, tidur cukup dan bersantai merupakan rahasianya untuk memiliki umur panjang. “Makan, tidur dan anda akan hidup lebih lama, Anda juga harus belajar untuk lebih bersantai menikmati hidup,” kata Misao.

Promosi Indeks Bisnis UMKM BRI: Ekspansi Bisnis UMKM Melambat tapi Prospektif

Misao Okawa dinobatkan oleh Guiness World Recorld sebagai wanita tertua di dunia dengan umur 115 tahun pada 2013. Misao Okawa dilahirkan dari keluarga pengrajin kimono pada 5 Maret 1898 di Osaka, Jepang. Ia menikah tahun 1919 dan memiliki dua anak, empat cucu dan enam cicit. Kedua anaknya juga mewarisi gen umur panjangnya yang sampai kini masih hidup di usianya mencapai 92 dan 94 tahun.

Menurut Guinness World Records, Misao adalah anggota klub elit supercentenarians yang semua anggotanya harus berusia setidaknya 110 tahun.

Para dokter ahli mengungkapkan bahwa masa hidup orang Jepang cukup tinggi daripada negara lainnya. Rata-rata masa hidup wanita Jepang adalah 85,9 tahun sedangkan untuk pria adalah 79,6 tahun. Gaya hidup yang sehat, dukungan keluarga dan semangat untuk selalu hidup merupakan faktor yang paling berpengaruh untuk memiliki umur panjang di Jepang.

“Nyonya Okawa makan tiga kali sehari dan memastikan tidur selama 8 jam,” kata Kepala Panti Jompo Kurenai, Okado Tomohito.

“Makanan favoritnya adalah sushi terutama dengan campuran ikan tengiri yang diletakkan di atas nasi cuka. Ia setidaknya menyantap makanan tersebut sekali setiap bulan,” Imbuhnya.

Cara hidup santai sehat ini juga dipraktekkan oleh para tetua di Hainan, China.  Huffingtonpost, Rabu (5/3/2014), diklaim penduduk Hainan memiliki lebih dari 200 penduduk berusia lebih dari 100 tahun. Tiga lansia di antaranya dilaporkan masuk kategori “supercentenarians”.

Wanita bernama Li Aizhu tercatat lahir pada tahun 1900. Sebelumnya ada juga mendiang Besse Cooper, yang merayakan ultah ke-116 pada 26 Agustus 2012.
Suatu hari ia mengutarakan rahasia umurnya yang panjang.

“Aku hanya memikirkan urusanku sendiri dan menjauhi makanan tak sehat, junk food,” kata dia, berkomentar untuk Guinness World Records.

Sang nenek juga berusaha mensyukuri hidupnya. Makin tua usia Besse Cooper, makin jenaka dia. Putranya, Sydney Cooper juga menyebut, usia panjang sang ibu disebabkan gaya hidupnya yang aktif, menerapkan pola hidup sehat, dan pribadinya yang tegar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya